get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Ampuh Obati Radang Sendi hingga Impotensi, Ini 4 Manfaat Kolang Kaling untuk Tubuh

Senin, 03 April 2023 | 13:03 WIB
header img
Buah kolang kaling ketika belum dikupas. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kolang-kaling, buah muda dari pohon aren ini kerap diolah menjadi manisan dengan cara direbus dengan tambahan gula dan sedikit penguat rasa atau aroma. 

Kolang kaling kerap ditemui saat memasuki bulan puasa Ramadhan hingga lebaran. Selain bisa mengenyangkan, kolang kaling ternyata juga menyehatkan lho! 

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk kesehatan ginjal 

Kolang-kaling, merupakan sumber karbohidrat berupa sukrosa, glukosa. Buah ini juga memiliki kadar protein dan lemak yang sangat rendah, yakni di bawah 1% dengan jumlah serat yang sedikit.  

Selain karbohidrat dan protein, kolang kaling juga antara lain mengandung zat gizi sebagai berikut (dalam jumlah 100 gr): Fosfor 0,14, Zat besi 0,4 gram, Vitamin C 13,25 mg dan Vitamin B1 sebanyak 3,9.

Oleh karena kandungan senyawa tersebut, legen yang dihasilkan dari pohon kolang kaling akhirnya dianggap bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan, ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang dipercaya bisa mengobati penyakit impotensi dan menambah air mani.  

Legen sendiri mengandung gula, protein, lemak, dan mineral yang cukup. Tapi, perlu adanya ketelitian saat hendak mengonsumsi legen.  Pasalnya ada juga penjual yang memalsukan legen ini.

Legen yang baik hanya mampu bertahan selama 2 hari.  Setelah itu, legen akan mengandung alkohol sehingga memabukan, biasanya dikenal dengan sebutan atau nama minuman tuak. 

Melancarkan pencernaan  

Manfaat lain dari kolang-kaling adalah memperlancar pencernaan. Kandungan serat kasar yang dimiliki kolang-kaling sangat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.  

Kandungan karbohidratnya juga dapat memberi rasa kenyang dan memberi energi pada tubuh. Bagi mereka yang ingin diet menurunkan berat badan, kolang-kaling bisa dipilih untuk rutin dikonsumsi.  

Mengobati radang sendi  

Kolang-kaling ternyata bermanfaat mengobati radang sendi. Pada umumnya, karbohidrat yang terkandung pada kolang-kaling adalah galaktomannan. 

Galaktomannan ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan obat-obatan untuk penyakit radang sendi.  Galaktomannan sendiri memiliki fungsi untuk meredakan atau mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang sendi.
 
Untuk mendapatkan manfaat buah kolang-kaling dalam mengobati rasa sakit radang sendi, masaklah buah tersebut dengan cara merebusnya tanpa menggunakan gula atau pewarna. 

Baik untuk kesehatan tulang  

Kolang-kaling dipercaya memiliki kadar air sangat tinggi, yakni hingga 93,8% dalam setiap 100 gram buah. Kolang-kaling juga terbukti memiliki kandungan kalsium yang tergolong tinggi, yakni mencapai 91 miligram pada buah kolang-kaling. Maka dapat dipastikan, kolang-kaling bermanfaat untuk kesehatan tulang, khususnya guna mencegah osteoporosis.  

Bahkan, kolang-kaling memiliki keunggulan mengandung lebih banyak serat daripada susu.  

Itulah sederet manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut