get app
inews
Aa Read Next : Walkot Cilegon Helldy Beri Penghargaan 38 Petugas Perempuan, Amankan Arus Mudik Lebaran 2023

Wakapolri Sebut Pelabuhan Indah Kiat Jadi Cadangan Jika 3 Pelabuhan yang Disediakan Sudah Penuh

Rabu, 19 April 2023 | 13:40 WIB
header img
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan Pelabuhan Indah Kiat sebagai pelabuhan cadangan pada mudik Lebaran 2023. Foto: Heri Purnomo.

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan Pelabuhan Indah Kiat sebagai pelabuhan cadangan pada mudik lebaran 2023.

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan pelabuhan tersebut akan digunakan jika tiga pelabuhan yang disediakan sudah tidak dapat menampung pemudik. 

Pelabuhan tersebut yakni Pelabuhan Merak yang diperuntukkan untuk kendaraan roda empat dan bus, kemudian Pelabuhan Ciwandan untuk roda dua dan truk. Sementara Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) untuk truk muatan lebih dari 40 ton. 

"Dan kalo nanti memang itu juga padat, ada satu lagi pelabuhan Indah Kiat Itu kontigensi yang kita akan gunakan," kata Wakapolri saat melakukan kunjunga ke Pelabuhan Mwrak, Rabu (19/4/2023). 

Dia berharap bahwa dengan begitu kepadatan yang terjadi di sejumlah area dapat terurai dan terjadi kelancaran dalam arus mudik 2023.

"Harapannya dengan kita membawa masyarakat, ini apakah itu penumpang menggunakan kendaraan roda 2, roda 4 dan truk bisa terakomodir dengan baik dan kita meminimalisir terjadinya kemacetan," katanya. 

Disisi lain, kepolisian juga melakukan delay sistem atau penahanan arus kendaraan dari wilayah Tangerang menuju Merak, Banten. 

Penerapan penahanan arus kendaraan tersebut berada di rest area km 43 dan km 68 Tol Jakarta-Merak. Penahanan arus kendaraan ini ditujukan untuk mengurangi kemacetan di wilayah area Pelabuhan Merak. 

"Dan juga menggunakan sistem delay, kalau di sini sudah ada pendeleyan dari bapak kapolda, sudah mulai ada keramaian di pelabuhan ini, kita juga sudah menyediakan di KM 43 dan 68 ini yang kita lakukan," pungkasnya. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut