get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Duet Maut Kapolresta Serang Kota dan Kapolres Cilegon, Siang Malam Amankan Jalur Mudik

Jum'at, 21 April 2023 | 19:49 WIB
header img
Kombes Nugroho Arianto (Kapolresta Serang Kota) dan AKBP Eko Tjahyo Untoro saat berada di Pelabuhan Merak. Kekompakan keduanya berperan membuat sistem delay dalam arus mudik lebaran 2023 berjalan sukses. Foto: iNews Cilegon/Mada Mahfud

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tertib dan lancarnya jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan adalah kerja keras semua kalangan termasuk jajaran Polda Banten yang dikomandani Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Banyak sosok kunci yang berperan signifikan. Dua diantaranya adalah Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Nugroho Arianto dan Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro.

Dalam pengamanan jalur mudik lebaran 2023, diterapkan sistem delay. Sistem ini bertujuan mencegah penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Melalui sistem delay ini kendaraan pemudik di tempatkan di kantung-kantun antri di sepanjang wilayah hukum Polresta Serang dan Cilegon baik di jalan tol dan non tol.

Jika muncul tanda-tanda Pelabuhan Merak dan Ciwandan akan dipenuhi kendaraan pemudik, maka sistem terintegrasi akan bekerja. Mereka akan mengarahkan kendaraan pemudik di kantong area parkir sementara sebelum memasuki Cilegon, terutama di Serang.

Tentu saja sistem ini membutuhkan kecakapan kepemimpinan di tataran operasional. Inilah peran yang dijalankan Kombes Nugroho Arianto (Kapolresta Serang Kota) dan AKBP Eko Tjahyo Nugroho (Kapolres Cilegon).

Dua Polres ini memainkan peran signifikan dalam kelancaran arus lalu lintas dari Pulau Jawa menuju Sumatera menyeberangi Selat Sunda.

Ibaratnya wilayah hukum Polresta Serang Kota adalah leher dalam jalur mudik, maka wilayah hukum Polresta Cilegon adalah tembolok.

Kombes Nugroho Arianto berperan mengatur gerakan arus mudik sebelum mencapai Cilegon. Ada beberapa rest area yang masuk wilayah Serang seperti rest area 43 dan 68.

Demikian pula di jalur arteri non tol.

Dalam mengatur gerakan arus mudik sehingga tak meluber di Merak dan Ciwandan, koordinasi dan kecakapan Kombes Nugroho Arianto dan AKBP Eko Tjahyo Untoro diperlukan.

Di tangan mereka dan tim, judgement terhadap dinamika arus mudik harus  dilakukan secara terukur, cepat, tegas, dan humanis.

Humanis karena obyek yang mereka hadapi adalah masyarakat luas yang hendak mudik.

"Telepon hidup 24 jam dalam sehari, Dek Eko sering telepon tak mengenal waktu," kata Kombes Nugroho Arianto saat menyebut AKBP Eko Tjahyo, Kamis malam (20/4/2023).

iNews Cilegon ikut nimbrung saat keduanya tengah serius bertukar pikiran.

Kombes Nugroho adalah sosok paling senior di seluruh Polres di jajaran Polda Banten. Ia satu-satunya yang berpangkat Kombes. 

"Iya maafkanlah Dinda ini, Abangku," timpal AKBP Eko Tjahyo.

Keduanya kemudian tertawa terkekeh-kekeh. Mereka tentu saja senang karena bisa menjalan tugas mengatur arus mudik dengan tertib dan lancar.

iNews Cilegon kerap menemui mereka tengah berdua melakukan koordinasi di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Kekompakan keduanya membuat mereka layak disebut Duet Maut yang berperan lancarnya arus mudik lebaran 2023 dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Selat Sunda.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut