Logo Network
Network

Tempe Mendoan dan 3 Jajanan dari Indonesia Masuk 7 Asian Street Food Terbaik versi Tatler Asia

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Kamis, 04 Mei 2023 | 10:20 WIB
Tempe Mendoan dan 3 Jajanan dari Indonesia Masuk 7 Asian Street Food Terbaik versi Tatler Asia
7 Asian street food terbaik versi Tatler Asia, 4 diantaranya dari Indonesia termasuk mendoan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Jajanan jalanan atau makanan jalanan (Street Food) adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, warung, atau kedai di tempat umum, misalnya di tepi jalan umum, pasar, pasar malam, atau pekan raya. 

Street food biasanya dijajakan di kios makanan, gerobak makanan atau truk makanan (food truck), dimaksudkan sebagai makanan segera dikonsumsi.

Beberapa jajanan jalanan diklasifikasikan sebagai camilan dan makanan cepat saji, dan rata-rata lebih murah daripada harga makanan di rumah makan. 

Menurut penelitian yang digelar pada 2007 study dari Food and Agriculture Organization, 2,5 miliar orang mengkonsumsi jajanan jalanan setiap hari.

Dilansir iNewsCilegon.id dari Tatler Asia, Kamis (4/5/2023), berikut 7 asian street food terbaik. Apa saja? Yuk sima ulasannya.

1. Pempek (Indonesia)

Berasal dari kota Palembang, pempekdibuat dari campuran daging ikan dengan tepung tapioka, lalu dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng dan disajikan. 

Setidaknya, makanan pinggir jalan ini memiliki 9 jenis pempek, yaitu pempek lenjer, pempek adaan, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek pistel, pempek tahu, pempek kulit, pempek tunu, dan pempek lenggang. 

Terlepas dari jenisnya, penyajian pempek umumnya disiram dengan saus kuah cuka dan disajikan dengan mie serta irisan timun.

2. Hotteok (Korea Selatan)

Sering dijual di gerobak pinggir jalan, hotteok adalah sejenis pancake yang biasanya diisi dengan kayu manis, gula merah, dan kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kenari.

Hotteok sendiri menjadi makanan pinggir jalan favorit saat musim dingin. Tergantung pada pembuatnya, hotteok dapat bervariasi dalam ketebalan, dan memiliki bagian luar yang renyah serta bagian dalam yang kenyal. 

Tidak perlu jauh-jauh ke Korea, kamu juga bisa menemukan makanan pinggir jalan ini di Indonesia dengan ragam variasi yang berbeda.

3. Siomay (Indonesia)

Tentunya kamu tidak asing dengan makanan satu ini. Berasal dari siew mai China, makanan jalanan ini sangat mudah dijumpai dan sering dijadikan pilihan makan siang karena harganya yang terjangkau sekaligus mengenyangkan. Beberapa penjual juga menyediakan porsi campur siomay dan batagor, lho!

4. Karaage (Jepang)

Nama karaage sendiri mengacu pada metode penggorengan yang melibatkan lapisan-lapisan tepung. Namun, nama karaage saat ini identik dengan ayam goreng seukuran satu kali gigit.

Disajikan dalam potongan kecil-kecil, karaage biasanya dapat ditemukan di izakaya, bar, toko bento, dan bahkan supermarket. Paling enak dinikmati dengan irisan lemon, mayones Jepang, dan shichimi togarashi (tujuh bumbu Jepang).

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.