Logo Network
Network

Tutorial Cara Membuat Dispenser Beras dari Galon Bekas, Mudah dan Murah

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Minggu, 14 Mei 2023 | 11:58 WIB
Tutorial Cara Membuat Dispenser Beras dari Galon Bekas, Mudah dan Murah
Turorial cara.membuat dispenser beras dari galon bekas. Foto: Layar Tangkap

CILEGON, iNewsCilegon.id - Punya galon bekas jangan dibuang, kali ini iNewsCilegon.id bakal membagikan tutorial cara membuat dispenser beras dari galon bekas.

Biasanya galon bisa dibersihkan dan digunakan kembali untuk diisi ulang airnya. Hal ini lantaran bahannya kokoh dan tahan lama. Namun kini, ada galon yang hanya bisa digunakan satu kali pakai.

Daripada menjadi limbah, pemilik kanal YouTube EducaRiza membagikan tutorial membuat dispenser beras dari galon bekas. 

Dilansir iNewsCilegon.id dari YouTube EducaRiza pada Minggu (14/5/2023), selain galon, alat yang dibutuhkan adalah spidol permanen, cutter, lem silikon, dan tutup galon. Jangan lupa, siapkan juga botol bekas bersama dengan tutup botolnya.

Berikut cara membuat dispenser beras dari galon bekas.

1. Tusuk dan potong garis paling atas galon. Jika dihitung dari tutup galonnya, garis ini berjarak sekitar 10 cm. Nah, potong melingkar dan sisakan 5 cm bagian yang tidak terpotong.

2. Buat lingkaran pada tutup galon dengan spidol. Lingkaran ini seukuran dengan tutup botol kecil. Lalu potong dan lubangi bagian tersebut dengan cutter atau pisau kecil yang tajam.

3. Pasangkan tutup botol ke tutup galon yang sudah dilubangi.

4. Ambil botol bekas dan potong leher botolnya. Beri lem dan tempelkan ke bawah garis galon yang sudah dipotong tadi.

5. Ambil sisa tutup botol bekas lubang tadi. Beri lem dan tempelkan ke atas garis galon yang dipotong. Pastikan posisinya sejajar dengan tutup botol yang sebelumnya juga sudah ditempel di bawah garis. Lalu tunggu sekitar 30 menit agar lem kering dan merekat kuat.

6. Sambil menunggu, ambil tutup galon yang sudah diberi tutup botol tadi. Lalu potong bagian tepi tutup galon sekitar 2 cm. Nah, pasang tutup tersebut ke tutup botol yang sudah ditempelkan ke galon tadi.

7. Untuk mengunci, putar tutup galonnya. Dengan begitu, tutup galon akan tersemat ke bagian atas. Nah, galon bekas ini pun siap digunakan sebagai dispenser beras. Karena tutupnya rapat, dijamin nggak ada kutu yang bisa masuk ke dalamnya.

Demikian tutorial cara membuat dispenser beras dari galon bekas. Selamat mencoba!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini