get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Warga Labuan Serbu Operasi Pasar Murah yang Digelar Bulog

Jangan Dibuang! Begini Cara Mematangkan Durian Mentah yang Sudah Dibelah

Rabu, 17 Januari 2024 | 11:25 WIB
header img
Durian Mentah (Foto: cilegon.inews.id)

PANDEGLANG, iNews Cilegon.id - Mungkin kamu pernah membeli durian secara tidak sengaja mendapatkan isinya masih belum matang. Karena durianya sudah dibelah kamu kebingungan akan di kemanakan durian tersebut, dibuang, disimpan atau tetap dimakan?

Sebagian orang ada yang menyimpannya dan berharap bisa matang secara sendirinya, dan ini memang benar salah satu cara agar durian matang. Sebagian lagi ada yang membuangnya, karena terlalu lama untuk menunggu durian matang, dan terakhir ada yang tanpa pikir panjang tetap memakannya walaupun itu mentah.
 
Lantas bagaimana caranya mematangkan durian mentah yang sudah dibelah?

Jika memilih untuk mematangkannya, maka ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk hal tersebut. Berikut merupakan cara untuk mematangkan durian yang mudah untuk dilakukan.

1. Biarkan diudara Terbuka

Cara ini berlaku untuk durian yang belum dibuka sama sekali dani juga perlu diperhatikan dari sisi ruangan yang digunakan untuk menyimpan durian, pastikan ruangan bersih, kering, dan tidak berdekatan dengan sampah organik. Hal tersebut karena bisa menyebabkan buah durian menjadi sarang larva dari lalat maupun serangga lainnya.

Cara ini merupakan yang paling mudah bagi yang tidak punya waktu melakukan pilihan, cukup menyimpan buah durian di tempat terbuka, maka secara alami buah durian akan mengalami proses pematangan. 

Namun memang untuk cara ini memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara sebelumnya. Setiap durian memiliki kecepatan pematangan yang berbeda-beda, ada yang sekitar empat hari sudah matang dan ada yang tujuh hari baru matang. 

Umumnya buah durian matang ketika disimpan di udara terbuka sekitar 5 hari setelah diambil dari pohon.

2. Simpan dalam Wadah Beras

Kamu hanya perlu memasukan buah kedalam wadah berisi beras yang banyak, namun sebelum itu pastikan dulu kulit durian sudah dibersihkan, hal ini dimaksudkan agar beras yang ada tidak kotor atau terkena getah maupun air dari durian.

Sebetulnya cara ini tidak hanya berlaku untuk durian saja, namun semua buah yang ingin dipercepat proses pematangannya. Kalau belum tahu mengapa menggunakan beras, karena beras merupakan bahan alami untuk mematangkan buah.

Umumnya untuk mematangkan durian sekitar 1×24 jam, dan ini tergantung dari kematangan buah sebelum masuk ke wadah beras. Namun kamu bisa mengecek setiap harinya, karena kematangan yang diinginkan setiap orang berbeda-beda.

Pastikan seluruh buah tertutupi oleh beras, agar buah durian matang dengan merata. Jika beras yang dimiliki kurang mencukupi, gunakan wadah yang memiliki dimensi hampir sama dengan ukuran durian, sehingga ketika ditambahkan beras akan menutupi secara keseluruhan.

3. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan bilamana tidak terdapat beras seperti cara nomor 1. Memasukan durian pada wadah kedap udara menjadi pilihan yang bisa kamu coba, pasalnya suhu panas dan karbon dioksida dapat mempercepat proses pematangan.

Umumnya buah durian akan mulai matang jika disimpan pada wadah kedap udara selama 24 jam, namun itu tergantung dari jenis durian dan kematangan ketika memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Kamu bisa mengecek setiap harinya, jika sudah tercium harum ketika wadah dibuka, maka itu menandakan buah durian sudah matang atau memasuki kematangan.

Pastikan wadah untuk pematangan durian memiliki suhu yang agak hangat dan mampu menyimpan panas, semakin lama wadah mampu menyimpan panas, maka itu semakin baik. Wadah tidak harus panas, tetapi mampu mempertahankan panas saja.

Pada dasarnya buah dapat matang karena bersentuhan langsung dengan udara terbuka dan panas secara terus-menerus ketika sudah terpisah dari pohonnya. Jadi beberapa buah bisa dilakukan pematangan menggunakan cara tersebut, termasuk durian.

Itulah 3 cara mudah mematangkan durian mentah yang sudah dibelah.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut