get app
inews
Aa
Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Awas Google Umumkan Akhir Tahun ini Akun Gmail hingga YouTube Bakal Dihapus, Ini Rinciannya

Jum'at, 19 Mei 2023 | 10:14 WIB
header img
Akhir tahun Google bakal hapus akun Gmail dan YouTube. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Google melalui akun resminya telah mengumumkan bakal menghapus akun gmail hingga akun YouTube yang tak aktif selama 2 tahun

Bukan hanya Gmail dan akun YouTube yang terdampak dari rencana tersebut. Namun semua ekosistem yang berada dibawah naungan Google Workspace yakni calendar, drive, photos dan meet.

"Mulai akhir tahun ini, jika ada akun Google yang tak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, kami akan menghapus akun beserta konten didalamnya," dikutip iNewsCilegon.id melalui pernyataan resmi laman media sosial Google. Jumat (19/5/2023).

Google juga mengatakan, bahwa kebijakan ini sudah berlaku, namun penghapusan akan dimulai pada Desember 2023.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," lanjut Google.

Google menjelaskan, kebijakan ini hanya berlaku untuk akun personal. Sementara akun bisnis atau organisasi tak bakal dihapus meski tak aktif selama 2 tahun.

Jika Anda tak ingin akun Gmail dan Google lainnya tiba-tiba musnah, sebaiknya segera sign in ke akun Anda secepatnya. 

Google menyebut, kebijakan penghapusan akun ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengguna. Menurut Google, akun yang tak aktif rentan dieksploitasi penjahat siber.

Hal ini dikarenakan akun Google yang lama tak terpakai kerap tak mengaktifkan fitur keamanan verifikasi-2-faktor (2-step-verifcation).

"Akun yang tak memakai fitur verifikasi-2-faktor lebih rentan mengalami pencurian identitas dan menjadi korban konten berbahaya," tutup Google

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut