Logo Network
Network

Bupati Klaim 68% Jalan Kabupaten Pandeglang Mantap, Begini Kata Warga

Ila Nurlaila Sari
.
Selasa, 23 Mei 2023 | 11:08 WIB
Bupati Klaim 68% Jalan Kabupaten Pandeglang Mantap, Begini Kata Warga
Bupati klaim 68% jalan di Kabupaten Pandeglang mantap. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama dalam program kerja Pemerintah Kabupaten Pandeglang Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Wabup Tanto W Arban. Bahkan, Bupati Pandeglang klaim kondisi jalan mantap yang ada di Kabupaten Pandeglang capai 68 persen.

"Meskipun pembangunan infrastuktur di Pandeglang sempat terhenti karena adanya penanganan pasca bencana tsunami pada tahun 2018 dan pandemi covid 19 yang melanda hampir seluruh Indonesia," demikian dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Senin (22/5/2023).

Irna mengatakan, perlu masyarakat ketahui bahwa ruas jalan kewenangan kabupaten Pandeglang yang tadinya 723,03 Km kini menjadi 691 Km. 

"Karena ada 4 ruas jalan yang beralih kewenangan menjadi kewenangan provinsi yakni Ruas jalan Cimanying-Pasar Menes, Pasar Menes-Muruy, Muruy-Jiput, Sumur Taman Jaya-Ujung Jaya," jelas Irna.

Ditahun 2015, kata Irna, ruas jalan mantap mencapai 24%, sementara pada RPJMD pertama hingga tahun 2019, Irna-Tanto sudah menyelesaikan 230,5 Km atau 32% dari total jalan kabupaten. 

"Pasca Covid tahun 2022-2023 program Jaka Kabupaten mantap betul (Jakamantul) dibangun 64,7 KM, hingga tahun 2023 ruas jalan kabupaten telah dibangun sebanyak 321,3 Km, dan ruas jalan lingkungan atau desa sepanjang 106,5 Km," kata Irna.

Dengan demikian, lanjutnya, jalan mantap se-kabupaten Pandeglang ada diangka 68%, angka ini diatas rata-rata jalan nasional yakni 65%. 

"Total sementara jalan ruas kabupaten dan ruas lingkungan yang telah pemerintah bangun yakni sebanyak 491,86 KM," tambah Irna.

Perlu diketahui bersama, masih kata Irna, bahwa untuk menyelesaikan seluruh pembangunan jalan di Kabupaten Pandeglang tidak bisa dilakukan sekaligus dalam satu tahun. Hal ini berkaitan dengan anggaran yang tersedia. 

"Namun tekad kami akan terus mengutamakan percepatan pembangunan jalan, karena berkaitan erat dengan kelancaran mobilitas orang dan barang serta perekonomian masyarakat, untuk itu bagi yang belum tersentuh pembangunan, dimohon kesabarannya karena pembangunan terus berproses," pungkasnya.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.