get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Tips Cegah Jerawat Saat Mendekati Menstruasi

Jum'at, 26 Mei 2023 | 14:08 WIB
header img
Munculnya jerawat merupakan salah satu tanda yang kerap muncul sebelum ataupun saat menstruasi. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Siapa yang di sini merasa lebih cepat jerawatan saat mendekati PMS? Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi? Nah, jawabannya adalah karena hormon!

Saat siklus menstruasi mau datang, hormon menjadi lebih fluktuatif. Sesaat sebelum menstruasi datang biasanya kadar hormon estrogen dan progesteron akan menurun. 

Sebagai hasilnya, penurunan kadar kedua hormon tersebut memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum sehingga memungkinkan terjadinya pore clogging yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah.

Selain itu, stres yang tidak dikelola dengan baik juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat saat masa PMS. Lalu, bagaimana agar hal tersebut tidak terjadi? Simak tipsnya di bawah ini ya! 

Menerapkan Healthy Diet 

Bukan berarti kamu harus mengganti semua menu makanan menjadi sayur-sayuran, tetapi ada baiknya agar mencegah terjadinya jerawat selama PMS kamu mengontrol pola makanmu.

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki nutrisi tinggi sehingga tubuh bisa tetap sehat dimasa PMS dan haid.

Hindari konsumsi makanan manis, makanan olahan dan white bread selama PMS karena akan lebih mudah membuat kulit lebih mudah berjerawat. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut