Logo Network
Network

Gandeng PLTU Labuan, Pemkab Pandeglang Bakal Sulap Pantai Teluk jadi Ruang Terbuka

Ila Nurlaila Sari
.
Sabtu, 27 Mei 2023 | 08:18 WIB
Gandeng PLTU Labuan, Pemkab Pandeglang Bakal Sulap Pantai Teluk jadi Ruang Terbuka
Gandeng PLTU Labuan, Pemkab Pandeglang akan sulap Pantai Teluk jadi ruang terbuka. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sempat viral di medsos, kini tumpukan sampah yang menggunung di Pantai Teluk, Desa teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, kini sudah hampir bersih. Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang bakal menggandeng PLTU 2 Labuan Banten, untuk percantik lokasi tersebut dengan dipasangi paving blok FABA sehingga bisa dimanfaatkan menjadi area terbuka untuk masyarakat.

Rencana tersebutpun disambut baik oleh masyarakat setempat. 

Otoy Tamami, Masyarakat Desa Teluk, berterimakasih kepada semua pihak baik Pemerintah, Relawan dan semua pihak yang sudah terlibat dalam pembersihan sampah di Pantai Teluk.

"Kemarin tamparan bagi kami, jika kemarin Teluk merupakan pantai terkotor, insya Allah satu bulan kedepan akan jadi indah," ucap Otoy. Jumat (27/5/2023).

Agar sampah terkelola dengan baik, lanjut Otoy, pihaknya dan masyarakat siap bekerjasama dengan Dinas LH.

"Kami tidak bisa sendiri, untuk itu mohon bantuan dari Pemerintah. Saya akan terus sosialisasikan kepada warga untuk buang sampah pada tempatnya, kami juga sudah MOU siap membayar retribusi agar sampah dikelola dengan baik. Insya Allah kami akan menjaga kebersihan," kata Otoy.

David Wijaya, Manager Operasi PLTU 2 Labuan mengatakan, paving blok yang akan digunakan untuk mempercantik Pantai Teluk merupakan paving blok dari FABA (fly ash buttom ash), yakni sisa pembakaran PLTU.

"Kualitasnya 250K kuat, tebal nya 8 cm. Ini sudah SNI, sudah banyak digunakan berbagai instansi," jelas David.

Lanjut David, jika menggunakan paving blok FABA, satu meter persegi akan memakai paving blok 40 pcs.

"Tinggal dihitung saja berapa luasnya, nanti akan ketahuan berapa pcs yang akan dipasang untuk Pantai Teluk ini," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menambahkan, Pantai Teluk yang sudah dibersihkan ini bisa difungsikan untuk perluasan wisata kuliner.

"Setelah bersih dan rapi, tolong masyarakat bisa menjaga dan merawatnya dengan baik agar bisa terjaga dan lebih indah. Nanti kalau sudah dipaving blok ini bisa dijadikan untuk perluasan tempat kuliner," papar Irna.

Irna meminta, kedepan sampah harus dikelola dengan baik dan jangan dibuang kelaut. Masyarakat disaran Irna untuk menjalin kekerjasama dengan Desa, Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi, para relawan dan masyarakat. Ini kerja bareng sehingga masalah sampah terselesaikan, kepada masyarakat mohon untuk tidak jorok, jangan lagi buang sampah di tepi Pantai ya," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini