get app
inews
Aa Read Next : RSUD Cilegon Gelar Sosialisasi Standar Pelayanan Kesehatan

5 Manfaat Air Garam untuk Obat, Nomor 5 Atasi Hidung Tersumbat

Minggu, 28 Mei 2023 | 08:33 WIB
header img
Manfaat Garam Yang Jarang Diketahui. Foto : Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.Id - Garam merupakan salah satu bumbu atau bahan dapur, yang sering digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Namun dibalik manfaatnya dalam masakan. Bahan yang satu ini juga memiliki manfaat yang banyak dalam kesehatan

Simak beriku manfaat air garam pada kesehatan. 

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Garam bisa meredakan sakit pada tenggorokan, biasanya tenggorokan sakit di sebabkan dari bakteri yang ada. Air garam bisa menjadi penawar sakit tersebut. 

Dengan cara melarutkan garam pada air hangat, lalu kumur kumur menggunakan larutan tersebut selama 30 detik. Hal tersebut dapat membantu proses penyembuhan tenggorokan. 

2. Menjaga kesehatan Mulut dan Gigi

Merawat gigi dan mulut adalah keharusan agar tidak menimbulkan bau mulut yang menganggu. Air garam dapat membantu dalam kebersihan mulut.

Selain itu juga air garam berfungsi untuk meredakan gigi yang sedang sakit atau berlubang. 

Dengan cara berkumur kumur setelah menyikat gigi, hal tersebut bisa membuat mulut terawat dan terjaga. 

3. Mengurangi Eksim

Eskim merupakan penyakit kulit yang membuat kulit terasa gatal bahkan memerah serta kering. Dengan berendam pada air garam maka dapat mengurangi rasa gatal tersebut. 

Kandungan garam yang tinggi sehingga dapat membantu. 

4. Mengatasi Kutu Air

Kutu air adalah penyakit kulit akibat infeksi jamur yang dapat menyebar. Kutu air biasanya dapat di obati dengan salep yang bisa di dapatkan di apotek.

Namun air garam dapat menjadi alternatif nya. Dengan cara merendam kaki yang terkena kutu air, didalam air hangat yang sudah di campur dengan garam selama kurang lebih 20 menit. Hal tersebut bisa mengurangi dan mengobati dari kutu air. 

5. Mengobati Hidung Tersumbat

Pernafasan tidak terasa nyaman jika sedang tersumbat. Air garam dapat mengobati hal tersebut. Dengan membilas hidung dengan air garam dan membersihkan rongga hidung. Maka hidung akan lebih terasa baik karena lendir yang menyumbat perlahan hilang.

 

 

 

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut