get app
inews
Aa Read Next : Marc-Antoine Rossi Bergabung dengan Tim Red Bull GasGas Factory Racing di MX2

Jengkel Motor Matic Susah Nyala, Begini Caranya

Senin, 05 Juni 2023 | 10:44 WIB
header img
Begini cara menyalakan motor matic yang susah hidup. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam menyalakan motor maticmu? Apalagi jika tiba-tiba motormu tidak bisa di starter, pasti sangat menjengkelkan ya. 

Kini, jangan khawatir karena dalam artikel ini, iNewsCilegon.id akan memberikan beberapa cara yang bisa membantumu menghidupkan motor matic yang sulit dinyalakan.

Cara terbaik untuk menyalakan motor matic yang tidak bisa di starter adalah dengan mengetahui apa penyebabnya. Dengan begitu, Kamu dapat memperbaiki motor matic sesuai dengan kerusakan yang ada.

Dilansir dari berbagai sumber, begini cara menyalakan motor matic yang susah nyala.

1. Cek Busi

Kerusakan pada komponen ini bisa berbagai macam, mulai dari usia penggunaan, sudah longgar, atau basah dan kotor. Jika hal ini terjadi, Kamu bisa membuka dan membersihkan bagian yang kotor. 

Jika hal ini terjadi, Kamu bisa mengukur resistansi busi dengan ohm meter. Jika nilainya di atas 25 ohm, maka kabel busi perlu diganti. Jika tidak, maka kabel busi tidak ada masalahnya

2. Konsleting sistem starter

Yang dapat membuat motor tidak dapat dihidupkan adalah adanya korsleting di sistem starter. Biasanya, hal ini terjadi pada terminal 30 starter yang berada pada logam mesin yang menghubungkan massa baterai. 

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menemukan area korsleting, kemudian membuka dan membersihkan kerak bekas terbakar. Setelah itu, Kamu dapat memasangnya kembali dengan menambahkan insulator untuk memastikan korsleting tidak akan terjadi lagi.

3. Aki Lemah

Penyebab paling umum motor tidak dapat dihidupkan adalah kelemahan atau kerusakan pada baterai atau aki. 

Solusi pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kick starter hingga mencapai 450 Rpm. Jika motor masih tidak dapat dihidupkan, maka Kamu perlu mengganti aki yang lama dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa cara menghidupkan motor matic yang sulit dihidupkan. Selamat mencoba.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut