get app
inews
Aa Read Next : Marc-Antoine Rossi Bergabung dengan Tim Red Bull GasGas Factory Racing di MX2

Tips Kredit Motor Aman dan Tepat Agar Tak Gagal Bayar

Selasa, 29 Agustus 2023 | 08:55 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: okezone.com

JAKARTA, iNewsCilegon.id -- Motor adalah kendaraan pribadi yang paling banyak digunakan. Bahkan motor sudah termasuk kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Motor bukan lagi benda yang sulit dimiliki. Dengan menerapkan tips kredit motor, siapa saja bisa memiliki kendaraan roda dua tersebut dengan mudah.

Kredit motor adalah layanan pembelian motor dengan sistem cicilan. Dengan cara membayar cicilan setiap bulan, sistem ini jadi solusi bagi masyarakat untuk memiliki motor tanpa harus menunggu punya uang yang cukup. Apalagi proses kredit motor yang mudah menjadikan semua masyarakat dari berbagai kalangan bisa memiliki kendaraan impiannya.

Lima Tips Kredit Motor yang Aman dan Tepat

Meski mudah dan jadi solusi yang sangat membantu, kredit motor harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Tujuannya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, terutama masalah pembayaran yang terhambat. Karena itu, Anda perlu mengetahui tips kredit motor berikut ini agar aman dan tidak gagal bayar:

1. Periksa Kondisi Keuangan

Hal utama dan pertama yang harus diperhatikan saat akan kredit motor adalah kondisi keuangan. Mulailah dengan menghitung penghasilan bulanan. Kemudian tentukan berapa jumlah uang yang bisa diperuntukkan guna membayar kredit motor.

Selain itu, pastikan juga sudah tersedia dana untuk membayar DP kredit motor. Lakukan juga perhitungan simulasi kredit. Cara ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan keuangan supaya tidak mengalami kendala pembayaran dari awal hingga akhir kredit.

2. Pilih Motor yang Tepat

Agar tidak ada tunggakan pembayaran cicilan, pilih motor yang harganya sesuai dengan kemampuan membayar. Jangan memilih motor yang terlalu mahal apalagi jika karena hanya ingin mengikuti tren.

Memilih motor juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pemakaiannya. Misalnya motor yang akan digunakan sebagai alat transportasi untuk kuliah tentu tidak sama dengan motor yang diperuntukkan untuk bekerja sebagai ojek.

3. Lakukan Perbandingan

Sebelum menentukan motor yang akan dibeli secara kredit, Anda sebaiknya melakukan perbandingan terlebih dahulu. Bandingkan antara satu merek motor dengan lainnya dan perbandingan antar jenis, tahun keluaran serta fitur dan keunggulannya.

Lakukan juga perbandingan harga untuk mendapatkan motor yang paling sesuai dengan kondisi finansial Anda. Apabila melakukan perbandingan secara jeli, Anda bisa mendapatkan motor terbaik dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

4. Pilih Tenor Pendek

Kredit dengan tenor pendek lebih disarankan karena itu berarti proses cicilan tidak akan berjalan terlalu lama. Dengan kata lain, proses kredit akan lebih cepat selesai dan Anda bisa segera bebas tanggungan.

Namun cicilan untuk tenor pendek biasanya lebih mahal. Maka sekali lagi, pertimbangkan kondisi keuangan dan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Jika diperlukan, Anda bisa menghitung total harga selama masa kredit.

5. Manfaatkan Penawaran Menarik

Apabila ada penawaran menarik untuk kredit motor, misalnya asuransi, gratis cicilan terakhir atau promo lainnya, jangan ragu untuk memanfaatkannya. Penawaran menarik semacam itu tentu lebih menguntungkan.

Agar bisa memperoleh penawaran menarik, lakukan riset ke dealer dan cari tahu penawaran khusus dari semua merek motor. Dengan berbekal informasi yang lengkap, Anda akan menemukan motor yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips kredit motor di atas bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan sarana transportasi pribadi. Kini, Anda tidak perlu lagi repot membayar cicilan motor. Anda bisa membayar melalui mega central finance di Blibli.

Blibli menjadi solusi praktis untuk semua kebutuhan Anda di era modern ini. Anda tidak hanya bisa berbelanja online secara aman dan terpercaya, Anda juga bisa membayar cicilan kredit motor.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut