get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Horeee! Warga Baduy Kini Punya KTP dan JKN

Selasa, 13 Juni 2023 | 08:35 WIB
header img
Warga Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar akhirnya punya KTP dan JKN. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Keinginan warga Baduy, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memiliki Kartu Tanda Penduduk (KPT) akhirnya terwujud. Tak hanya itu, warga Baduy juga terdaftar sebagai penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sebanyak 200 orang masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar antre melakukan perekaman kependudukan sejak Sabtu (10/6/2023).

Kepala Disdukcapil (Kadisdukcapil) Lebak Rahmat Nur Muhammad mengatakan, per 31 Desember 2022 jumlah warga Desa Kanekes yang sudah terekam di Disdukcapil sebanyak 5.211 orang.

"Upaya yang ditempuh berupa perekaman kependudukan dengan melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak," ujar Kadisdukcapil Lebak, Rahmat Nur.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasie) JKN Dinkes Lebak Agus Rifki Hidayat menambahkan, dari 5.211 orang tersebut, belum semuanya terdaftar sebagai peserta JKN PBI. Namun semua warga Kanekes yang sudah melakukan perekaman kependudukan sudah pasti akan diusulkan untuk menjadi peserta JKN
PBI.

"Setelah keluar NIK, Disdukcapil akan menyerahkan data NIK warga Baduy ke Dinkes Lebak untuk kemudian diusulkan ke BPJS Kesehatan. Jika biaya PBI dari provinsi maka NIK warga akan diserahkan ke pemerintah provinsi baru ke BPJS Kesehatan," jelasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut