get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Jangan Jorok dong, Helm juga Butuh Dicuci

Sabtu, 17 Juni 2023 | 04:01 WIB
header img
Sebelum mencuci helm, pastikan untuk melepas bagian-bagian yang dapat dilepas, seperti kain pelindung, visor, dan bahan penutup dalam. Foto : Chaparral Motor

DEPOK, iNewsCilegon.id - Bagi para pengendara sepeda motor, helm adalah salah satu perlengkapan penting yang harus selalu digunakan saat berkendara. 

Helm juga memiliki bentuk dan ketentuan sesuai dengan standarnya. Di Indonesia, pengendara dan penumpang kendaraan roda dua disarankan untuk menggunakan helm dengan logo SNI atau Standar Nasional Indonesia yang sudah diatur oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Selain melindungi kepala dari benturan dan cedera, helm juga berfungsi sebagai pelindung dari debu, kotoran, dan polusi udara. 

Namun, seringkali kita lupa untuk membersihkan helm secara teratur. Padahal, mencuci helm secara berkala memiliki banyak manfaat, baik untuk menjaga kebersihan maupun kesehatan kita.

Mengapa mencuci helm penting? Helm yang digunakan secara rutin akan terpapar oleh berbagai faktor eksternal, seperti debu, keringat, minyak rambut, dan partikel-partikel lainnya. 

Lama kelamaan, kotoran ini dapat menumpuk di permukaan helm dan menjadi sarang bakteri, jamur, dan kuman lainnya. 

Jika tidak dibersihkan dengan baik, helm yang kotor dapat menjadi lingkungan yang ideal bagi perkembangbiakan mikroorganisme yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan, seperti iritasi kulit, jerawat, dan bau tak sedap.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut