get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

15 Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Luas Wilayah

Senin, 19 Juni 2023 | 04:47 WIB
header img
Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah yang terluas di Indonesia. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Indonesia adalah negara terluas dengan urutan ke-14 sekaligus negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km². Indonesia berbatasan dengan sejumlah negara Asia Tenggara dan Oseania, sehingga dikenal sebagai negara lintas benua, serta antara Samudra Pasifik dan Samudera Hindia.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia diketahui memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan total luas wilayahnya mencapai 5.193.250 kilometer persegi. Hal ini perlu patut dibanggakan, mengingat negara Indonesia dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia sebanyak 17.504 pulau.

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunai dengan penduduk mencapau 277.749.853 jiwa pada tahun 2022 silam. Dan, negara dengan penduduk beragam Islam terbanyak di dunia, dengan penganut lebih dari 238.875.159 jiwa atau sekitar 86,9%.

Lantas, kota mana saja yang masuk ke dalam kota terbesar di Indonesia berdasarkan luas wilayah? Yuk, simak berikut ini adalah daftar kota-kota terbesar di Indonesia

1. Palangkaraya

Kota Palangkaraya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana kota ini memiliki luas wilayah mencapai 2.853 km² sehingga menjadikannya salah satu kota terbesar di Indonesia dari segi wilayahnya. Selain itu, kota ini berpenduduk sebanyak 266.020 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 93,24 jiwa/km².

2.Dumai

Dumai merupakan kota yang ada di Provinsi Riau. Kota adalah hasil dari pengembangan Kabupaten Bengkalis. Dumai memiliki luas wilayah 1.727 km². Kota ini memiliki infrastruktur yang sangat maju.

3. Kepulauan Tidore

 Kepulauan Tidore merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Maluku Utara. Kepulauan ini mempunyai luas wilayah hingga 1.220 km². Selain itu, Kepulauan Tidore juga memiliki 8 kecamatan dan 10 kelurahan.

4. Subulussalam

Subulussalam adalah kota dari hasil pengembangan Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Kota ini terletak di area perbatasan langsung dengan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Luas wilayah Subulussalam sebesar 1.391 km². Kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 93.710 jiwa dengan kepadatan penduduk 68 jiwa/km persegi pada tahun 2021.

5. Sorong

Kota Sorong berada di Provinsi Papua Barat dan termasuk dalam salah satu kota terbesar di Indonesia. Luas wilayah Kota Sorong sekitar 1.105 km². Kota ini terbagi menjadi 1 kota dan 12 kabupaten. Sorong mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona. Selain itu, kota ini juga memiliki harga tanah yang relatif terjangkau.

6. Jayapura

Kota terbesar di Indonesia denga urutan kedua adalah Kota Jayapura. Kota Jayapura yang terletak di timur Indonesia merupakan pusat permukiman terpadat di Provinsi Papua. Dengan luas wilayah hanya 940 km². Jayapura terletak di perbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Papua Nugini. Kota ini terbagi menjadi 5 distrik, 25 kelurahan, serta 14 kampung.

7. Samarinda

Kota Samarinda adalah sebuah wilayah yang menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Luas wilayah Kota Samarinda adalah 718 km² yang terbagi menjadi sepuluh kecamatan. Selain itu, kota Samarinda yang dikenal dengan ikon Sungai Mahakam ini dikenal dengan semboyan Kota Tepian yaitu Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman.

8. Padang

Kota Padang berada di Provinsi Sumatera Barat. Luas wilayah Padang adalah sebesar 694 km². Dengan kata lain, Padang memiliki luas wilayah 1,65 persen dari Provinsi Sumatera Barat. Padang termasuk kota yang berkembang secara pesat dan menjadi area yang menguntungkan bagi bisnis properti.

9. Jakarta

Kota Jakarta yang ditetapkan sebagai ibu kota Indonesia ini juga masuk dalam daftar kota terbesar di Indonesia dari luas wilayahnya. Luas dari Kota Jakarta mencapai sekitar 661 km² Saat ini DKI Jakarta juga menjadi Ibu Kota negara Indonesia dan menjadi pusat dari kegiatan politik dan ekonomi di Tanah Air.

10. Pagar Alam

Pagar Alam berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini mempunyai luas wilayah sebesar 633 km². Selain itu, kota ini memiliki 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan. Pagar Alam mempunyai potensi wisata, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di kota Pagar Alam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun dan 26 situs menhir yang sudah tercatat.

11. Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Luas wilayah kota ini memiliki luas sekitar 633 km². Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi.

12. Singkawang

Singkawang atau Sakawokng dalam bahasa Dayak Salako atau San-Khew-Jong adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 504 km². Kota ini terletak di sekitar 145 km sebelah utara dari ibu kota provinsi, Kota Pontianak, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakkok.

13. Balikpapan

Di Provinsi Kalimantan Timur juga termasuk kota terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah Balikpapan, yang luas wilayahnya mencapai sekitar 503 km². Kota Balikpapan terdiri dari 6 kecamatan dan 34 kelurahan.

14. Bontang

Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia yang memiliki luas wilayah mencapai 497 km². Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur.

15. Prabumulih

Prabumulih adalah kota di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia yang memiliki luas wilayah sekitar 434 km². Penduduk asli Kota Prabumulih umumnya merupakan etnis Melayu asli dari wilayah sekitar, yaitu Suku Enim, Suku Penesak, Suku Melayu Palembang, dll. Serta pendatang yakni suku Jawa, Suku Minang dan juga suku Batak, serta Tionghoa-Indonesia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut