get app
inews
Aa Read Next : Pernah Tampil di KDI, Sofanudin Seniman Multitalenta Cilegon Berlatar Buruh Potong Rumput di Grup KS

KAI dan Krakatau Steel Jalin Kerja Sama Optimalisasi Baja dan Angkutan

Selasa, 11 Januari 2022 | 14:45 WIB
header img
Penandatanganan MoU antara PT Krakatau Steel Tbk dengan PT Kereta Api Indonesia [foto: istimewa]

JAKARTA, iNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menjalin kerja sama optimalisasi pengembangan bisnis.

Nota Kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim di Kantor Pusat KAI, Bandung, Senin (10/1/2022).

“Krakatau Steel merupakan salah satu BUMN yang strategis di dalam perekonomian Indonesia, demikian juga dengan KAI. Kolaborasi yang terbangun ini merupakan suatu langkah awal sebagai dukungan bagi pemerintah dan Indonesia untuk membangkitkan perekonomian,” kata Didiek dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

MoU ini dimaksudkan, lanjut Didiek, berkaitan dengan rencana kerja yang akan mencakup pemanfaatan scrap yang berasal dari ATDO (Aktiva Tetap Diberhentikan dari Operasi) dan barang bekas milik KAI oleh Krakatau Steel dalam rangka memenuhi kebutuhan industri baja nasional maupun industri lainnya.

Didik menambahkan, poin dari Mou tersebut sebagai sebagai berikut: Hasil produksi Krakatau Steel dan optimalisasi menggunkan angkutan kereta api, pengembangan produk suku cadang sarana dan prasarana kereta api berbasis baja, pengembangan kerja sama pada kawasan industri di Cilegon dan Batang, serta optimalisasi dan pengembangan lahan dan fasilitas KAI termasuk pembangunan hub logistic Krakatau Steel.

Dengan adanya MoU ini, KAI dan Krakatau Steel bersinergi dalam mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pengembangan bisnis yang akan dilaksanakan juga tak hanya sebatas bisnis angkutan barang, namun juga pengembangan kawasan industri berbasis perkeretaapian.

"Harapan saya, momen ini menjadi langkah-langkah awal untuk kita terus bekerja sama sehingga kinerja positif perusahaan bisa kita bangkitkan lebih cepat dan lebih baik di tahun 2022,” kata Didiek.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut