get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

6 Cara Mencegah Kanker Mulut

Sabtu, 24 Juni 2023 | 09:39 WIB
header img
Konsumsi buah-buahan bisa mencegah kanker mulut. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kanker mulut merupakan jenis kanker yang dapat menyerang siapa saja dan dimana perkembangan sel kanker menyerang jaringan di dalam mulut.

Meskipun sel kanker dikenal sebagai kanker mulut, mereka dapat berkembang di area mulut seperti lidah, gusi, bibir, dan tenggorokan.

Bahkan sampai saat ini, penyebab pasti kanker mulut belum diketahui. Para ahli mengatakan hal itu disebabkan oleh minum alkohol, seks oral, merokok dan banyak gaya hidup tidak sehat lainnya.

Karena setiap orang berisiko terkena kanker mulut, Anda harus waspada dan siap dengan tindakan pencegahan. Apa saja cara mencegah kanker mulut? Simak berikut ini ya. 

1. Kurangi Merokok atau Hindari Sama Sekali

Jika Anda perokok aktif, cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok secara perlahan hingga akhirnya berhenti.

Kalau Anda kesulitan berhenti, Anda dapat meminta orang yang Anda cintai untuk mengingatkan Anda.

2. Untuk Mengurangi Makanan dengan Cara Digoreng

Ubah cara Anda mengolah makanan, dari menggoreng dan menggoreng menjadi merebus atau mengukus. Gunakan rempah-rempah sehat seperti bubuk bawang putih, jahe dan kunyit untuk menambah rasa.

3. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum alkohol melebihi batas yang dapat diterima dapat merusak sel-sel di mulut Anda dan membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Jika Anda masih ingin minum alkohol, pastikan tidak lebih dari 1-2 gelas sehari. 

4. Lindungi Bibir Anda dari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Anda bisa mencoba mengenakan topi atau masker jika akan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama. Jika perlu, gunakan produk bibir seperti lip balm dengan SPF untuk melindungi bibir Anda.

5. Makan Makanan Anti Kanker

Anda bisa mengonsumsi makan yang banyak seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai, dan tomat untuk membantu mencegah kanker. Diet dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode anti kanker yang tepat.

6. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Usahakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mengunjungi dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini penting untuk memastikan tidak ada gejala yang tidak biasa di mulut Anda yang dapat menyebabkan kanker.

Nah, inilah cara mencegah kanker mulut. Jika Anda melihat atau merasakan sesuatu yang mencurigakan, seperti benjolan, benjolan putih, bercak merah atau abu-abu, segera hubungi dokter gigi untuk diagnosis yang tepat.  

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut