get app
inews
Aa Read Next : Pendaftar Identitas Kependudukan Digital (IKD) Kota Cilegon Capai 13.079 Warga

5 Tempat Wisata Alam di Banyuwangi yang Direkomendasikan Untuk Pecinta Alam

Selasa, 27 Juni 2023 | 13:10 WIB
header img
Kawah Ijen merupakan objek wisata alam di Banyuwangi yang kini sudah dikenal dunia. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Banyuwangi yang dikenal sebagai the sunrise of Java, merupakan kota paling timur di Pulau Jawa yang biasa menjadi tempat orang-orang menyeberang menuju Pulau Bali.

Banyuwangi memiliki pemandangan alam yang beragam, kaya akan seni budaya, dan berbagai desa wisata yang masih memegang adat dan tradisi tradisional.

Keindahan alam terbentang dari barat ke timur melalui Banyuwangi. Pegunungan, hutan, dan pantai menjadi ciri khas keindahan alam Banyuwangi.

Dengan ketinggian 2.800 mdpl dan luas 5.800 kilometer persegi, Banyuwangi menawarkan wisata alam dari pantai selatan yang tersapu Samudera Hindia hingga Gunung Raung yang mengesankan.

Berikut beberapa tempat wisata alam di Banyuwangi yang direkomendasikan untuk pecinta alam!

1. Pantai Wedi Ireng

Wisata pantai tersembunyi di Banyuwangi ini bertempat di desa Sumberagung. Jarak menuju pusat kota cukup jauh, sekitar 65 km dari kota Banyuwangi, sehingga pantai ini belum banyak diketahui orang.

Suasananya yang tenang membuat pantai ini menjadi tempat terbaik untuk berfoto dengan latar pasir putih dan air biru berkilauan tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya.

Sunset adalah waktu yang populer untuk mengabadikan keindahan pantai tersembunyi di Banyuwangi ini.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan objek wisata alam di Banyuwangi yang kini sudah dikenal dunia.

Kawah ini dapat dicapai dengan trek sejauh 3 km yang memakan waktu 1,5 jam. Para pengunjung yang tiba di sini disambut oleh angin sejuk yang menyegarkan.

Pada siang hari, sinar matahari yang keluar dari danau pirus berasap menciptakan pemandangan yang sempurna untuk foto. 

Saat fajar, pengunjung dapat menyaksikan fenomena alam yang luar biasa dimana api biru meletus di sekitar kawah. Penduduk setempat menyebut fenomena ini bernama api biru. 

3. Air Terjun Congklak

Menjelajahi kekayaan alam Banyuwangi belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi air terjun yang terkenal keasliannya, yaitu Air Terjun Congklak yang dikelilingi hutan rimbun yang asri.

Air terjun setinggi kurang lebih 65 meter ini menawarkan panorama fotogenik dengan paduan air terjun dan pelangi yang mempesona.

Air terjun Congklak memiliki keunikan yaitu airnya yang bisa berubah warna dan sangat tinggi, membuat air terjun ini menjadi spot favorit para pemburu foto Instagram.

Keindahan ini adalah suatu keharusan jika kita mencapai tempat itu dengan berjalan kaki yang cukup menuntut dan menanjak.

4. Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah wisata bahari yang sangat jernih dimana pengunjung dapat menikmati air laut yang berwarna biru kehijauan yang menakjubkan.

Lokasinya berjarak cukup jauh dari Kota Banyuwangi, sekitar 90 km jarak tempuh. Meskipun begitu, pengunjung tidak akan menyesal ketika tiba dan disapa oleh panorama air biru zamrud, pasir putih mengkilap, dan suasana damai yang memberikan ketenangan.

5. Bangsring Underwater

Bagi Anda yang menyukai wisata bawah laut, wisata Banyuwangi juga bisa terpuaskan. Spot bawah laut yang selalu populer adalah kawasan sekitar Bangsring.

Keindahan bawah laut Brangsing akan membuat Anda tertawa. Mata Anda akan disuguhi keindahan bawah laut Bangsring yang dipenuhi terumbu karang dan ikan laut.

Asyiknya, Anda juga berkesempatan untuk bertemu bayi hiu yang sengaja dilatih di sini. Ada juga rumah terapung di Bangsring yang menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di sini. Bangsring Underwater menyaingi keindahan alam bawah laut Karimun Jawa. 

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa wisata terbaik di Banyuwangi dengan panorama instagramable yang dapat anda kunjungi. Jangan lupa untuk pastikan semua persiapan kebutuhan mulai dari kesehatan, uang, transportasi, kamera dan lainnya supaya liburan kalian ke Labuan Bajo yang menyenangkan ya! 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut