get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Rasanya Menyegarkan, Inilah 6 Manfaat Buah Lontar Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 07 Agustus 2023 | 10:59 WIB
header img
Ternyata buah lontar mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id Buah Siwalan atau lontar memiliki nama latin Borassus flabellifer memiliki daging berbentuk putih bening seperti kolang-kaling.

Buah lontar ini tumbuh berkelompok di pohon palem tinggi yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Bahkan, di Indonesia buah lontar tumbuh subur pada bagian timur Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah lontar nyatanya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, thiamin, dan riboflavin. Masyarakat percaya bahwa lontar merupakan satu bahan pengobatan alami untuk berbagai macam penyakit. Buah ini juga dapat membantu masalah pencernaan, hingga mencegah peradangan kulit.

Berikut ini adalah manfaat dari buah lontar yang harus Anda ketahui. Disimak ya!

1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Buah lontar sangat bermanfaat bagi kamu yang menderita penyakit diabetes. Pasalnya, buah lontar memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk mengendalikan gula darah. Konsumsi buah lontar diyakini tidak mengakibatkan kenaikan gula darah yang signifikan.

2. Meredakan Masalah Pencernaan

Buah lontar adalah obat alami untuk beberapa gangguan pencernaan. Hal ini dapat membantu menghilangkan sembelit dan dan meningkatkan pergerakan usus yang normal. Buah ini juga membantu dalam mencegah keasaman dan sakit maag.

3. Mengatasi Masalah Lambung

Terkadang, munculnya rasa sensasi terbakar di lambung saat cuaca panas menyerang, sulit dihindari. Maka dari itu, mengonsumsi buah lontar yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Buah lontar juga bisa memberikan zat mineral dan nutrisi yang hilang dari tubuh. Selain itu, buah lontar pun mampu meredakan masalah pencernaan serta penyakit perut lainnya.

4. Menjaga Tubuh Tetap Sejuk

Buah lontar dapat menjadi pendingin alami dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk selama musim panas. Buah ini dapat juga membantu dalam mencegah sejumlah masalah karena panas seperti biang keringat, dehidrasi, kulit kering, gagal ginjal dan rambut rontok.

5. Menjaga Sistem Imunitas dan Meredakan Stres Pada Ibu Hamil

Buah lontar memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam menjaga sistem imunitas dan meredakan stres sehingga cocok untuk ibu hamil dan janin.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Buah lontar adalah obat yang sangat baik untuk beberapa masalah kulit umum yang muncul selama musim panas, seperti ruam panas dan biang keringat. Obat ini juga membantu meringankan rasa gatal karena paparan sinar matahari panas. Kandungan anti-inflamasi pada buah lontar sangat membantu dalam mengobati kemerahan pada kulit karena panas. Selain itu, ruam yang terbuat dari buah lontar ternyata efektif untuk mengobati dermatitis.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut