get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Instagramable dengan Hamparan Hijau, Inil 3 Wisata Kebun Teh di Indonesia

Kamis, 10 Agustus 2023 | 10:08 WIB
header img
Kebun Teh Gunung Gambir terdapat payung-payung kecil yang tergantung di atas jembatan. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tak hanya terkenal akan wisata bahari dan pegunungannya, Indonesia juga punya banyak kebun teh yang terbentang luas. Perkebunan teh di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah ini pun membuat kebun teh tersebut menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kebun teh yang di dominasi warna hijau dari dedaunan teh dan sejuknya udara di dataran tinggi akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati suasana kebun teh untuk melepas penat dari hiruk pikuknya Ibu Kota.

Berikut iNewsCilegon rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa rekomendasi perkebunan teh di Indonesia yang wajib Anda kunjungi saat liburan. Disimak ya!

1. Kebun Teh Gunung Gambir

Salah satu kebun teh ini didirikan pada tahun 1918 di bawah pemerintahan kolonial Belanda dan sekarang diambil alih oleh PT Perkebunan Nusantara XII. Bahkan, pengelola PT Perkebunan Nusantara XII juga menyematkan nama Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir.

Penyematan nama Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir karena kebun teh tersebut tidak hanya sekedar kebun teh. Wisatawan akan mendapat suguhan indahnya hamparan kebun teh yang hijau dan segar.

Terdapat payung-payung kecil yang tergantung di atas jembatan. Spot foto buatan berupa kupu-kupu yang ada di tengah kebun juga menjadi daya tarik tersendiri. Ada juga spot foto berbentuk hati yang tentunya cocok bagi pasangan.

Selain terkesan indah, romantisme di objek wisata ini juga terasa. Objek wisata ini memungut biaya masuk sebesar Rp 10.000 dan biaya parkir yang berbeda, seperti Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Kebun Teh Kayu Aro

Wisata kebun teh Kayu Aro yang terletak di Girimulyo, Kayu Aro, Kerinci, Jambi ini menyuguhkan pemandangan yang tiada duanya. Untuk jam operasional Kebun Teh Kayu Aro pukul 07.00-17.00 WIB Anda hanya perlu membayar sebesar Rp8.000 untuk tiket masuk.

Bahkan, para wisatawan juga bisa mencoba wisata memetik daun teh terbaik bersama para pekerja di Kebun Teh Kayu Aro. Kebun Teh Kayu Aro ini adalah perkebunan teh tertua di Indonesia sejak penjajahan kolonial Belanda setelah Kebun Teh Gunung Gambir pada saat tahun 1918, sedangkan Kebun Teh Kayu Aro ini sudah berdiri sejak tahun 1925.

Selain itu, Kebun Teh Kayu Aro yang berada di kaki Gunung Kerinci ini merupakan kebun teh tertinggi nomor dua di dunia setelah Kebun Teh Darjeeling di Himalaya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut