get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

2 Kampung di Lebak Banten Bakal Raib dari Peta Agustus ini, Kenapa?

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 13:04 WIB
header img
2 Kampung di Lebak, Banten, bakal raib dari peta Agustus ini. Foto: Layar Tangkap/Rizquna Channel

LEBAK, iNewsCilegon.id - 2 Kampung yang berada di Kabupaten Lebak, Banten, pada Agustus 2023 ini bakal raib dari daftar peta

Kedua kampung tersebut yakni, Kampung Bolang dan Kampung Cimenteng, Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Suasana di Kampung Bolang dan Kampung Cimenteng terkini terungkap dalam kanal YouTube Rizquna Channel, pada Rabu (9/8/2023).

“Kampung Ini Resmi Pamit dari Indonesia pada Bulan Agustus Tahun Ini Bakalan Hilang Dari Peta Negara,” keterangan dalam video yang dilansir iNewsCilegon.id. Jumat (11/8/2023).

Dalam video, tampak ada 1-3 motor masih lalu lalang di kampung yang segera berakhir riwayatnya itu. Beberapa warga pun, tampak memunguti material bangunan untuk dimanfaatkan pada tempat baru mereka sebuah lokasi yang berada di ketinggian.

Kondisi kampung tersebut terlihat seperti kampung hantu. Karena berbagai bangunan baik rumah, gedung sekolah dan bangunan lainnya sudah kosong ditinggalkan seluruh penghuni.

Perlu diketahui, Waduk Karian merupakan bendungan multifungsi, yang berlokasi di Desa Pasir Tanjung, Rangkasbitung, Lebak. Fungsi utamanya yakni menyuplai air baku untuk kebutuhan rumah tangga dan industri untuk 9 kota/kabupaten di DKI dan Banten sebesar 14,6 m3 detik.

Yang dialiri adalah Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Cilegon 1m5 m3/detik, serta Rangkasbitung dan Maja di Lebak, 0,6 m3/detik.

Waduk Karian memiliki kapasitas tampung 314,7 juta m3, dengan luas genangan maksimum 1,740 hektar untuk menambah kebutuhan suplai ke Irigasi Ciujung seluas 22.000 hektar.

Kementerian PUPR berencana akan mulai mengairi Waduk Karian pada September 2023. Akan tetapi pada Agustus 2023 ini, kawasan yang akan menjadi bendungan itu sudah mulai diairi, termasuk salah satunya Kampung Bolang.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut