get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Hindari Penyakit Komplikasi dengan 4 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Selasa, 22 Agustus 2023 | 07:27 WIB
header img
Ikan salmon menjadi salah satu makanan yang bisa menurunkan tekanan darah. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Mengkonsumsi makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sangat penting bagi penderita hipertensi agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari berbagai penyakit komplikasi.

Sering kali, tekanan darah tinggi pun tidak menimbulkan gejala dan tidak disadari oleh penderitanya. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan timbulnya komplikasi berbagai penyakit seperti stroke, pecahnya pembuluh darah, gagal ginjal, hingga serangan jantung yang dapat mengancam nyawa.

Untuk mencegah komplikasi tersebut, hipertensi perlu dikontrol melalui perubahan gaya hidup, termasuk perubahan pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, pola makan yang sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankannya pada tekanan darah normal.

Lantas, apa saja makanan yang bisa menurunkan darah tinggi? Berikut ada makanan penurun darah tinggi terbaik untuk tekanan darah tinggi, yuk simak dibawah ini!

1. Ikan Salmon

Ikan berlemak kaya omega-3, seperti salmon, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan jantung. Lemak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang disebut oxylipin.

2. Bayam

Mengkonsumsi bayam yang kaya akan nitrat, antioksidan, potasium, kalsium dan magnesium bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

3. Brokoli

Sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, dan kalium yaitu brokoli. Brokoli mengandung antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4. Telur

Telur juga bisa menjadi pilihan makanan penurun tensi tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, putih telur dapat menjadi makanan penurun darah tinggi alami.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut