get app
inews
Aa Read Next : Dinkes Kota Cilegon Bantu Korban Kebakaran Kapal di Merak

Hindari ISPA, Dinkes Kota Cilegon Imbau Warga Pakai Masker

Selasa, 29 Agustus 2023 | 14:31 WIB
header img
Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari. (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.di - Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengimbau warga untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah guna mengantisipasi paparan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kualitas udara yang memburuk.

"Polusi udara di Kota Cilegon sebetulnya masih bagus. Tapi dengan new normal sekarang lebih baik pakai masker," kata Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari sebagaimana dirilis Dinas Kominfo Kota Cilegon, Selasa (29/8/2023).

Ratih mengatakan selama Januari sampai Juni 2023, kasus ISPA masih tinggi, yakni mencapai 17.382 kasus yang menerpa anak di bawah lima tahun di Kota Cilegon.

"Dua jenis ISPA yang menjangkit masyarakat yakni pneumonia dan bukan pneumonia. Penderita pneumonia yang menyerang balita berjumlah 1.671 orang," tuturnya.

Selain imbauan menggunakan masker, Ratih juga meminta masyarakat untuk selalu menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta istirahat yang cukup.

"Kita tetap harus menjaga diri kita sendiri PHBS, minum air putih yang banyak. Saya sih berpesan kalau memang nyaman pakai masker emang bagus, apalagi kalau kita lagi sakit," ujarnya.

Ratih menambahkan penyebab ISPA juga bukan hanya dari polusi udara saja, namun bakteri dan virus juga dapat berpengaruh. "ISPA juga kan bukan dari polusi saja bisa dari bakteri, virus," jelasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut