get app
inews
Aa Read Next : Dinsos Kota Cilegon Salurkan Sembako untuk Warga Terdampak Kekeringan

Dinkes Kota Cilegon Bantu Korban Kebakaran Kapal di Merak

Rabu, 06 September 2023 | 18:29 WIB
header img
KMP Mutiara Berkash 1 tujuan Lampung terbakar di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/9/2023). (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dinkes Kota Cilegon bergerak cepat ikut membantu para korban kebakaran KMP Mutiara Berkah I yang terbakar di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Pulomerak, Rabu (6/9/2023).

Kepala Dinkes Kota Cilegon Ratih Purnamasari mengatakan, setelah mendengar adanya insiden kapal terbakar pihaknya langsung menerjunkan tim ke lokasi guna membantu para korban.

"Begitu ada kebarakan, kami minta tim dari Puskesmas Pulomerak turun ke lapangan. Ada satu yang ditangani di lapangan dan enam pasien yang dirujuk ke Puskesmas Pulomerak untuk penanganan lebih lanjut," kata Ratih sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Selain di Puskesmas Pulomerak, tambah Ratih, ada juga pasien yang dirujuk ke Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon. Hal itu karena ada indikasi para pasien tersebut mengalami luka dan gangguan kesehatan serius.

"Sampai saat ini (pukul 16.00 WIB) ada lima pasien yang dirujuk ke RSKM. Mereka berasal dari Palembang, Lampung, dan Tangerang," jelas Ratih.

Untuk memonitor perkembangan di lapangan, tambah Ratih, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti RSKM, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten dan yang lain.

"Kami juga tadi sempat turun memeriksa kondisi masyarakat Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, sebab ada laporan ada beberapa warga menderita sesak napas akibat kepulan asap kebakaran kapal. Sudah kita periksa dan kita tangani," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan keprihatinannya atas musibah kebakaran KMP Mutiara Berkah I. Dia berharap tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Tentu saya prihatin. Oleh karenanya, saya sudah meminta OPD terkait seperti Dinkes, BPBD dan Dinas Damkar untuk turun membantu evakuasi dan meringankan para korban," katanya. 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut