get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Kerap Banjir, Pemda Pandeglang Pastikan Revitalisasi Saluran Drainase Pasar Labuan

Minggu, 10 September 2023 | 11:45 WIB
header img
Kerap banjir, Pemda Pandeglang revitalisasi saluran drainase di Pasar Labuan. Foto: cilegon.inews.id/Ila Nurlaila Sari

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sering dikeluhkan warga karena kondisinya selalu banjir, Drainase di Pasar Labuan, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, dipastikan segera direvitalisasi Pemda Pandeglang. Rencana itupun disambut antusias warga sekitar dan para pedagang.

Diketahui, jalan menuju pasar Labuan sejak beberapa tahun terakhir kerap banjir dan tergenang air karena saluran drainase menuju Cipunten Agung tersumbat tumpukan sampah sehingga  aktivitas warga, para penguna jalan dan para pedagang pun menjadi terganggu.

Tubagus Dede Mandala, salah satu warga terdampak sekaligus ketua Aliansi Dua Desa, yakni Desa Labuan dan Desa Cigondang membenarkan kondisi tersebut. Setiap terjadi banjir dipasar labuan, kediamannya dipastikan terkena dampak, air selokan dari pasar masuk ke rumahnya dan warga lainnya hingga menimbulkan bau tak sedap.

"Saya merasakan langsung banjirnya masuk kerumah saya, selama bertahun- tahun setiap banjir akibat jalur drainase yang tidak optimal, saya dan warga lainnya harus membersihkan rumah yang dimasuki tumpahan air kotor dan bau dari pasar," ungkapnya. Minggu (10/9/2023). 

Tapi kini, dirinya bersyukur setelah mendapat kabar bahwa drainase pasar Labuan akan segera dibangun.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih saat ini drainase mulai dibangun oleh Pemda Pandeglang yang artinya keluhan masyarakat sudah mulai terjawab, akan tetapi saya harap kepada semuanya jangan sampai pembangunan ini percuma gara-gara banyak yang buang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan banjir lagi, dan semoga kepada pihak pelaksana pembangunan bisa lebih bersinergi dengan warga setempat dan para pedagang yang ada," kata Dede.

Shandy, pelaksana pembangunan menjelaskan, sebelum memulai pembangunan drainase di Pasar Baru Labuan,  pihaknya bersama Muspika Labuan bersinergi melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pedagang di pasar tersebut agar proses pembangunan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

"Sebelumnya, kami bersama Pemerintah Desa Labuan, Muspika Kecamatan Labuan, konsultan, dan pihak Dinas PUPR berikut perangkat kampung sudah melakukan sosialiasi terkait hal ini ke para pedagang, hal ini agar saat pelaksanaan pembangunan tidak ada kendala khususnya dari warga dan pedagang," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat, ST, menambahkan, bahwa pembangunan drainase ini merupakan usulan dari masyarakat yang disampaikan melalui Camat Labuan yang kemudian ditindak lanjuti oleh Bupati Pandeglang.

"Pembangunan Saluran Drainase Pasar Labuan dibangun sesuai dengan kebutuhan dan usulan dari masyarakat kepada Ibu Bupati melalui Camat Labuan, karena di daerah tersebut sering terjadi banjir akibat buruknya saluran drainase yang ada, mudah-mudahan dengan dibangunnya saluran drainase ini dapat mengatasi banjir yang kerap melanda Pasar Labuan, mohon nanti dijaga dan dirawat," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut