get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Jangan Panik, ini Cara Mencegah dan Mengatasi Mimisan pada Anak

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 09:57 WIB
header img
Cara mencegah dan mengatasi Mimisan pada Anak. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Mimisan adalah sebuah kondisi yang juga kerap membuat panik yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Kondisi mimisan pada anak-anak, biasanya bikin orang dewasa lebih panik. Padahal, cara mencegah dan mengatasi mimisan pada orang dewasa maupun anak sama, dan tidak perlu perlakuan khusus dalam menanganinya. 

Penyebab mimisan pada anak, biasanya adalah infeksi saluran pernapasan dan masuknya benda asing ke dalam hidung. Jarang sekali mimisan pada anak muncul karena masalah serius, seperti karena tulang hidung yang bengkok, masalah kelainan darah, atau tumor

Kalaupun ada yang harus diperhatikan adalah soal kebiasaan anak mengorek-ngorek hidungnya. Kebiasaan ini yang sering menjadi penyebab mimisan pada anak karena robeknya pembuluh darah bagian depan lubang hidung. Sebab, pembuluh darah di hidung anak memang lebih rentan robek dibanding orang dewasa

Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi mimisan?

Cara mencegah dan mengatasi mimisan

Dilansir cilegon.inews.id dari berbagai sumber, berikut cara mencegah dan mengatasi mimisan.

Penyebab Mimisan

Menurut dr. Emanuel Quadarusman, Sp.THT-KL dari Siloam Hospitals Makassar, penyebab mimisan adalah bisa karena faktor-faktor lokal yang terjadi di bagian hidung, seperti luka di hidung, infeksi di hidung, pembengkokan tulang hidung, masuknya benda asing ke dalam hidung, juga tumor.

Tapi apapun penyebabnya, mimisan adalah sebuah kondisi yang tidak selalu diawali dengan gejala khusus, walau pada beberapa orang ada yang merasakan panas, perih di hidung, atau sakit kepala sebelum mimisan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut