get app
inews
Aa Read Next : Dinkop Cilegon Bagikan Sertifikat MD BPOM dan Hasil Uji Umur Masa Simpan

Bermodal Hobi, Mantan Penyiar Radio ini Berhasil Raup Rezeki dari Jasa Foto Baby Newborn

Rabu, 22 November 2023 | 09:42 WIB
header img
Achie Bicky, seorang mantan penyiar radio berhasil mendulang rezeki di bisnis jasa foto baby newborn di Kota Cilegon (Foto: cilegon.inew.id/Ila Nurlaila Sari)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Hampir dipastikan tidak ada orangtua yang rela melewatkan momentum pertumbuhan buah hatinya begitu saja. Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk mengabadikan setiap gerak-gerik si kecil melalui foto.

Sebenarnya trend foto bayi sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tetapi tren ini kembali moncer dengan tren baru, yakni memotret bayi dengan berbagai properti dan pernak-pernik unik yang bisa menambahkan tingkat kelucuan si bayi.

Namun, peluang bisnis ini ternyata belum banyak dilirik oleh para fotografer profesional. Pasalnya, butuh penanganan khusus agar bisa memotret bayi yang belum bisa diarahkan dengan pose-pose natural dan menggemaskan.

Peluang tersebut yang diambil Achie Bicky (36) dan dijadikannya sebagai ide bisnis yang dijalankan bersama pasangan, dengan memanfaatkan rumahnya yang beralamat di Jl. Kemuning Raya No 29 BBS 2 Kota Cilegon sebagai studio foto. Sejak 2019, Achie merintis Chelo Photograph dengan spesialisasi pemotretan bayi.


Foto baby newborn hasil jepretan Achie Bicky, Chelo Photograph (Foto: Instagram chelo_photograph)

"Modal awalnya hanya hobi motret aja, dan kebetulan kamera sudah ada ya minimal punya 2 kamera pendukung lah, tinggal pernak-perniknya aja yang memang harus punya, kayak box bayi dan aksesoris lainnya," kata Achie Bicky. Rabu (22/11/2023).

Achie menilai, peluang bisnis foto bayi ini belum banyak dilirik oleh para fotografer, sehingga peluang pasarnya masih terbuka lebar. Apalagi dia sengaja menyasar pangsa pasar secara online.

Bermodal hobinya dalam bidang fotografi, Achie sudah memiliki peralatan dasar pengambilan foto. Untuk melengkapi kebutuhannya demi mendapatkan foto-foto bayi yang menawan, dia pun memesan beberapa properti pendukung secara khusus.

“Sejak masih kuliah sih udah hobi motret, dan untuk properti kadang saya meminta dibuatkan keranjang dengan desain yang tidak pasaran kepada pengrajin," ujar Pemilik Chelo photograph sekaligus mantan Penyiar Radio, Achie Bicky.


Hasil jepretan Achie Bicky, Chelo Photograph (Foto: instgram chelo_photograph)

Sedikit demi sedikit, Achie terus mencicil properti fotonya tersebut supaya kliennya bisa memiliki banyak alternatif pilihan tema dan gaya untuk buah hatinya.

"Kami juga sering mendapatkan masukan dari klien. Misalnya mereka minta A, selalu kami usahakan untuk bisa mengabulkannya dan mempersiapkan propertinya," ungkapnya.

Walapun beberapa kostum dan properti sudah disediakan Chelo Photograph, kata Achie, orangtua juga bisa mengenakan kostum pilihannya dan aksesori lainnya supaya si kecil tampil berbeda.

Sebelum mulai memotret si buah hati, Achie menyarankan supaya orangtua bayi mulai mengkomunikasikannya minimal dua pekan sebelumnya, terkait konsep apa saja yang akan diusung dan peralatan apa saja yang dibutuhkan.


Foto baby newborn Achie Bicky, Chelo Photograph (Foto: Instagram chelo_photograph)

Sementara itu, untuk Price List, Achie menambahkan,  Chello_photograph memiliki tingkatan Rate , mulai dari paket silver, gold hingga diamond.

"Dengan berbagai list yang sesuai dengan kemauan Klien tentunya," terangnya.

Poses pengambilan foto biasanya berdurasi satu jam. Pemotretan bisa dilakukan di studio foto maupun home visit. Achie menganjurkan, pemotretan dilakukan di rumah supaya bayi merasa lebih nyaman.

“Waktu yang kami berikan juga fleksibel, kalau setelah 30 menit bayi merasa capek, bisa beristirahat dulu sampai siap kembali,” paparnya.

Sebelum pemotretan dimulai, Achie dan tim akan berkenalan atau bermain terlebih dulu dengan si objek foto, sehingga bayi lebih nyaman dan pemotretan akan berjalan lancar.

Orangtua juga diminta untuk memperhatikan kebiasaan keseharian buah hatinya, seperti mood­-nya saat setelah mandi, makan atau tidur. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan pemilihan waktu yang tepat untuk proses pengambilan foto.

Setelah 4 tahun menjalankan bisnis ini, mayoritas klien Achie adalah bayi pada usia kisaran 6 hari hingga 1 tahun. Jumlah pengguna jasanya saat ini pun terus tumbuh jika dibandingkan saat pertama kali dia menawarkan jasanya.

“Waktu pertama kali dalam sebulan cuma ada satu atau dua pesanan, tapi karena suka dengan dunia fotografi dan bayi jadi dijalani aja dengan senang hati karena bisa mengabdikan moment bayi baru lahir itu dengan hasil yang bagus itu kebahagian buatku, dan bersyukurnya saat ini chelo photograph sudah bersertifikat newborn photography sejak 2019," ujarnya

Di sisi lain, kata Achie, kompetisi dalam bisnis ini juga sudah mulai ketat dengan bermunculannya pemain baru yang menawarkan jasa yang sama. Meskipun demikian, Achie menyambut baik hal tersebut karena secara langsung menunjukkan semakin prospektifnya bisnis yang dilakoninya tersebut.

“Sebenarnya tidak semua fotografer bisa terjun ke bisnis ini, karena dibutuhkan orang-orang yang benar-benar suka anak-anak, khususnya bayi supaya bisa menangani mereka jika tiba-tiba mood-nya berubah,” imbuhnya.

Achie juga menyampaikan sejumlah tips untuk para orang tua yang hendak melakukan sesi pemotretan baby newborn.

"Karena ada beberapa bayi yang anteng saat sesi foto, ada juga yg rewel saat sesi foto. Aku sudah terbiasa dengan hal tersebut, namun terkadang orang tua bayi bahkan nenek kakeknya bayi jadi tidak sabar dan merasa gelisah, Alhasil bayi tambah rewel karena kepercayaan terhadap photographer sedikit menurun," jelasnya.

"Tipsnya mungkin sambil menunggu HPL mungkin para orang tua bayi bisa searching tema, itu bisa melalui web, media sosial @chelo_photograph atau yang lainnya, usia bayi saat sesi foto kisaran 5-14 hari, sediakan pumping asi atau sufor untuk memudahkan sesi foto, yang paling terpenting bayi harus dalam keadaan sehat, tidak sehari setelah imunisasi dan jika lahir prematur, harus menunggu hingga BB nya ideal yaitu 3kg," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut