get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Raih Tiga Penghargaan, Pj Gubernur Banten Ingatkan Pemkab Pandeglang soal Realisasi Anggaran

Rabu, 13 Desember 2023 | 11:53 WIB
header img
Raih tiga penghargaan dari Kemenkeu, Pj Gubernur Banten ingatkan Pemkab Pandeglang soal realisasi anggaran pembangunan (Foto: Istimewa)

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id -  Kabupaten Pandeglang raih tiga penghargaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Provinsi Banten. Terkait hal ini, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar ingatkan Pemkab Pandeglang soal realisasi anggaran pembangunan.

Tiga penghargaan tersebut, yang pertama Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang merealisasikan Dana Alokasi Kusus (DAK) fisik tercepat tahun 2023, sebagai realisasi dana transfer ke daerah terbaik tahun 2023, dan kerjasama koordinasi dalam pengelolaan transfer ke daerah dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

"Alhamdulillah kita dapat tiga penghargaan sekaligus, ini hasil kerjasama semua pihak, kita akan jaga prestasi ini dan terus ditingkatkan," demikian dikatakan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban. Senin (11/12/2023).

Wakil Bupati Tanto mengatakan,  penghargaan ini merupakan hasil kerja semua pihak, bukan hasil Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pandeglang.

"Ini semua atas kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat Pandeglang, insan pers yang selalu mendukung program pembangunan di Pandeglang," kata Tanto.

Tanto menuturkan, penghargaan ini merupakan cara lain untuk memberikan dorongan agar setiap program yang telah direncanakan selesai dalam waktu yang telah ditetapkan.

"Ini sebetulnya kewajiban dari semua pemerintah daerah, penghargaan ini semangat baru, dan Pemda Pandeglang dapat melaksanakan susuai ketetapan dari pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara, Pj Gubernur Banten Al Muktabar menjelaskan, setiap perencanaan pembangunan ada sebuah target dan capaian. Oleh sebab itu, kata Pj Gubernur Banten ada instrumen yang menjadi sebuah acuan atau yang dinamakan DIPA.

"Seperti arahan Bapak Presiden menekanan bahwa daerah harus melakukan percepatan-percepatan dalam program pembangunan, dan selalu menggunakan produk dalam negeri," jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur juga meminta Pemerintah Daerah agar melakukan realisasi anggaran sesegera mungkin guna percepatan pembangunan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut