get app
inews
Aa Read Next : Akibat Hujan Deras, Rumah Warga Banjarwangi  Pandeglang Rusak Tertimpa Pohon 

4 Rumah Warga Jiput Pandeglang Rusak Tertimpa Longsor, Uang Tunai Rp 80 Juta Milik Korban Ditemukan

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:45 WIB
header img
Masyarakat setempat tengah bergotong royong dilokasi bencana tanah longsor. Foto: Istimewa

JIPUT PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - 4 Rumah di Kampung Paniis Lebak RT 001/008, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten, Ambruk usai tertimpa Longsoran tanah, pada Jumat (19/1/2024) sekitar pukul 13.30 Wib. Dari hasil evakuasi, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang menemukan uang senilai Rp80 Juta dan satu unit HP yang diduga milik salah satu korban. 

Camat Jiput Muslim Taufik mengatakan, keempat rumah yang terdampak Bencana Longsor yakni Gandi, Surnah dan Hendri dan Naci. Dari keempatnya yang paling parah rumah milik Ibu Naci karena rata dengan tanah,

"Jumlah rumah yang tertimpa longsoran itu ada 4 rumah yang semuanya ada di Kampung Paniis, Desa Jiput, Kecamatan Jiput. Karena secara kebetulan keempat rumah warga ini berdekatan dengan perumahan yang terhalang tanah tebing setinggi 8 meter, jadi karena beberapa hari terakhir kemarin hujan cukup deras disertai angin kencang akhirnya mengakibatkan tanah tersebut longsor dan menimpa keempat rumah tersebut," ungkap Camat Jiput Muslim Taufik. Sabtu (20/1/2024) kepada tim cilegon.inews.id.

Dari 4 rumah tersebut, rinci Muslim, satu mengalami rusak berat hingga rata dengan tanah, dua unit lainnya hanya bagian belakang yang mengalami kerusakan, sementara yang satunya rusak ringan.

"Yang dua rumah hanya bagian dapurnya yang rusak, hanya saja dari keempat rumah tersebut ada yang tidak sempat mengamankan barang berharga miliknya yakni uang senilai Rp80 juta dan HP, tapi Alhamdulillah uang dan Hp nya sudah berhasil ditemukan oleh masyarakat juga tim penyelamat BPBD," katanya.

Beruntung, kata Muslim, pada saat kejadian pemilik rumah tengah berada di luar sehingga tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

"Tidak ada korban jiwa, karena pada saat kejadian uang punya rumah sedang pada di luar, ada yang lagi dirumah orang tuanya, ada yang lagi di kerok dirumah adiknya," jelasnya.

Untuk para korban yang rusak berat, lanjut Muslim, sementara diungsikan ke rumah saudara terdekat, sementara yang lain masih bertahan dirumahnya masing-masing. 

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Jiput mengingat kondisi geografisnya perbukitan dan banyak pohon yang tinggi maka diharap hati-hati dan waspada, dicuaca seperti ini sering-sering melakukan pengecekan terhadap kondisi pohon yang ada disekitar permukiman karena dikhawatirkan membahayakan jiwa," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut