get app
inews
Aa
Read Next : Siap-siap Kekeringan Bakal Melanda Sebagian Wilayah Banten

Bencana Alam Ancam Pandeglang, Warga Diminta Terapkan 3K, Apa itu?

Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:33 WIB
header img
Bencana alam ancam Pandeglang, warga diminta terapkan 3K. Foto: Ilustrasi.

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sadar bahaya bencana alam tengah mengancam sejumlah wilayah di Kabupaten Pandeglang, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Pandeglang menggelar apel siaga bencana, bertempat di halaman gedung Polres Pandeglang Rabu (12/10/2022).

Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlanyah sebagai pembina apel siaga bencana mengatakan, kebencanaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan semua pihak dan komponen masyarakat.

"Pelaksanaan apel ini wujud nyata sinergitas dalam mengantisipasi bencana, karena musibah tidak ada yang tau, kita harus selalu siaga," pesannya.

Untuk hasil yang maksimal, dikatakan Kapolres Belny, dalam siaga bencana harus mengedepankan 3K yaitu komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi.

"Dengan melakukan 3K, penanganan bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat," tuturnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen hingga relawan kebencanaan yang selalu siaga dalam kebencanaan.

"Dengan kita siap siaga, akan meminimalisir resiko dampak dari bencana," ujar Irna.

Irna menuturkan, selain kesiapan dari seluruh Sumberdaya Manusia (SDM), peralatan, maupun logistik, sosialisasi kepada masyarakatpun terus dilakukan, sehingga masyarakat mengerti langkah apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

"Edukasi terus kami lakukan, sosialisasi ke sekolah - sekolah, masyarakat lainnya oleh pemerintah maupun relawan sebagai bentuk antisipasi, misalnya kalau ada gempa harus cari perlindungan, atau lari ke dataran tinggi jiga ada gelombang dan lainsebagainya," tuturnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut