get app
inews
Aa Read Next : Viral Pengunjung Pantai Anyer Ngaku Kena Prank Pedagang Otak-Otak

Bayi ini Terlahir dengan 24 Jari, Derita Polidaktili

Senin, 29 Januari 2024 | 09:49 WIB
header img
Seorang bayi perempuan di Sampang, Madura, miliki 24 jari (Foto: Layar Tangkap)

SAMPANG MADURA, iNews Cilegon.id - Beredar sebuah rekaman video yang menampilkan seorang bayi perempuan di Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura lahir dengan kondisi tak biasa, yakni memiliki 6 jari di tiap tangan dan kakinya.

Dalam video, terlihat bayi perempuan yang menggemaskan itu sedang tertidur di tempat tidurnya. Si perekam video kemudian memperlihatkan kaki dan tangan si bayi yang berjumlah 6 jari. 

Video itu pun langsung viral dan menarik perhatian publik, bahkan banyak dari mereka yang menyebut bahwa sang bayi menderita polidaktili.

Dilansir iNewsCilegon.id dari Alodokter, polidaktili adalah kelainan yang umum terjadi dan dialami oleh sekitar 1 dari 1000 bayi. Polidaktili dapat terjadi pada salah satu maupun kedua tangan atau kaki. 

Arti kata Polidaktili ini berasal dari bahasa Yunani, dimana "polys" berarti banyak dan "daktylos" berarti jari. Kelainan ini bisa bersifat genetik atau non-genetik.

Penyebab Polidaktili

1. Penyebab Non-Genetik

Faktor-faktor seperti kehamilan dari ibu penderita diabetes, infeksi saluran pernapasan atas pada 3 bulan pertama kehamilan, riwayat epilepsi pada ibu, kelahiran berat badan rendah, dan paparan embrio thalidomide dapat meningkatkan risiko polidaktili pada bayi.

Kondisi jari tambahan pada penderita polidaktili dapat bervariasi. Jari tambahan bisa mirip dengan jari lainnya, tidak memiliki sendi, atau bahkan hanya terdiri dari kulit dan jaringan lunak. Meskipun polidaktili bisa dibiarkan hingga dewasa tanpa menimbulkan masalah kesehatan, penanganan yang cepat diperlukan, terutama pada kasus yang melibatkan kelainan di organ lain. Penanganan ini bertujuan agar anak tidak mengalami kesulitan dalam aktivitas sehari-hari yang melibatkan jari tangan atau kaki.

2. Penyebab Genetik

Ada 6 gen yang telah diidentifikasi sebagai penyebab polidaktili, antara lain GLI3, GLI1, ZNF141, MIPOL1, PITX1, dan IQCE. Kelainan genetik lain yang dapat menyebabkan polidaktili seringkali berkaitan dengan sindrom, seperti Sindrom Down.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut