get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Tinggi, Balawista Ungkap Pengunjung Terseret Ombak Capai 10 Kali Kejadian dalam Satu Hari

Libur Lebaran, Pengunjung Keluhkan Menumpuknya Sampah di Pantai Carita

Kamis, 18 April 2024 | 11:49 WIB
header img
Tumpukan sampah di Pantai Carita (Foto: cilegon.inews.id)

CARITA PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Menumpuknya sampah di sejumlah lokasi wisata Pantai Carita yang berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, dikeluhkan oleh para pengunjung. Hal ini lantaran, menumpuknya sampah yang tersebar disejumlah lokasi wisata pantai di Kecamatan Carita sudah menimbulkan bau yang menyengat.

Berdasarkan pantauan, tumpukan sampah tidak hanya terlihat menggunung di sejumlah lokasi wisata, namun juga di beberapa aliran sungai dan jembatan. Gunungan sampah tersebut didominasi oleh sampah kemasan mie instant cup dan kemasan minuman botol plastik.

Aal, salah satu pengunjung, mengatakan, keberadaan tumpukan sampah yang menggunung hingga hampir setinggi atap bangunan itu dinilai cukup mengganggu kenyamanan para pengunjung yang tengah berlibur di Pantai.

"Terganggu lah, bau banget! Mana dibuangnya di area lokasi wisata, bukan itu aja tadi di sepanjang jalan mau kesini juga banyak tumpukan sampah yang dibuang dipinggiran sungai kalau dibiarkan lama-lama tumpukan sampah itu jatuh ke aliran sungai dibawahnya, dan kebawa ke laut," kata Aal. Rabu (17/4/2024).

Sementara itu, Marinah, pemilik warung nasi mengaku, bahwa kondisi menumpuknya sampah sudah lama terjadi. Bau menyengat akibat sampah itu cukup berdampak pada penjualan warung nasi miliknya.

"Itu sampah dari lokasi wisata ini, ada yang udah lama ada yang baru juga, ya sampah pedagang ya sampah pengunjung pada dibuang disini semua. Warung saya deket banget posisinya, saya khawatir yang mau pada makan ditempat saya jadi ke ganggu, dikira bau nya dari tempat saya padahal mah dari tumpukan sampah itu," jelasnya.


Tumpukan sampah terlihat dipojokan jembatan dan aliran sungai di Kec. Carita (Foto: cilegon.inews.id)

 

Menyikapi hal ini, Kepala Desa Sukajadi, Sandy Wiyasa menuturkan, bahwa pengelolaan sampah disetiap lokasi wisata selama ini menjadi tanggung jawab masing-masing pengelola.

"Sepengetahuan kami, mereka (pengelola) punya armada dan TPA sampah sendiri, kalau sekarang dikeluhkan menumpuknya sampah harus ditanyakan ke Pengelola karena itu menjadi tanggung jawab mereka, masa ngeruk duitnya mau buang sampahnya gak mau, tanggung jawab lah," ujarnya.

Sandy menghimbau, kepada seluruh pengelola lokasi wisata di Kecamatan Carita, khususnya yang berada di bawah pemerintahan Desa Sukajadi, agar membuang sampah pada tempatnya sehingga tercipta kenyamanan dan keindahan di lokasi wisata Pantai Carita.

"Dimohon kepada para pengelola wisata agar segera melakukan bersih-bersih sampah ditempatnya masing karena Carita ini kan daerah wisata, jadi harus nyaman dan indah dipandang mata agar pengunjung juga jadi betah untuk kembali lagi berlibur di Carita," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut