get app
inews
Aa Read Next : Siap-Siap, Puncak Musim Kemarau di Cilegon Terjadi di Bulan Agustus dan September

24 Panwas Kecamatan Dilantik, Helldy Minta Jaga Netralitas dan Profesionalisme

Sabtu, 25 Mei 2024 | 07:23 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menghadiri Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Pemulu (Panwas) Kecamatan se-Kota Cilegon. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id – Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menghadiri Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Pemulu (Panwas) Kecamatan se-Kota Cilegon, di Greenotel, Kecamatan Cibeber, Jumat, 24 Mei 2024. 

Helldy meminta Panwas Kecamatan yang baru saja dilantik untuk menegakkan profesionalisme dalam bekerja, menjaga netralistas, dan memberikan yang terbaik bagi Kota Cilegon. 

 “Kami mengapresiasi kepada Bawaslu Kota Cilegon yang telah mensukseskan jalannya Pemilu legislatif dan Pilpres 2024 kemarin tanpa adanya laporan-laporan kecurangan yang terjadi, dan kami inginkan untuk Pilkada nanti akan lebih baik lagi, mungkin dengan lebih diperketat lagi pengawasannya,” kata Helldy. 

Helldy mengingatkan para petugas Panwas Kecamatan agar mengingat pesan Allah SWT dalam Alquran surah As-Saff ayat 2 dan 3 terkait komitmen seseorang antara ucapan dan perbuatannya. 

 "Bila mana sudah berkata atau bersumpah namun tidak melakukannya, sesungguhnya Allah membenci perbuatan itu, maka jangan sampai sumpah yang telah diambil ini dilanggar,” ungkapnya. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Cilegon Alam Arcy Ashari menyampaikan selamat kepada 24 Panwas Kecamatan yang telah terpilih dengan dua metode yaitu existing sebanyak 17 orang dan pembentuk baru ada tujuh orang dari delapan kecamatan se-Kota Cilegon.

"Rekan-rekan akan bekerja kurang lebih selama sembilan bulan sejak dilantik hari ini. Jadi setelah dilantik, rekan-rekan langsung bekerja, dimana diharuskan membentuk struktur organisasi terlebih dahulu, sesegera mungkin dapat memilih ketua salam struktur organisasi tersebut,” ungkapnya. 

Koordinator Divisi Hukum, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Provinsi Banten Ade Wahyu Hidayat juga turut memberikan arahan kepada Panwas Kecamatan. Dia meminta para pengawas pesta demokrasi dapat mempertahankan kinerja Bawaslu Kota Cilegon yang baik pada Pileg dan Pilpres 2024. 

“Dapat diketahui bahwa Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden kemarin di Kota Cilegon dapat berjalan dengan lancar. Ini merupakan hal baik yang patut dipertahankan oleh Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik ini, dan tentunya diharapkan lebih meningkat lagi,” paparnya. 

Ade juga mengingatkan bahwasanya Pilkada nanti akan lebih berat dibanding dengan Pilleg dan Pilpres sehingga perlu lebih ditingkatkan lagu pengawasan dan penindakan sesuai aturan yang berlaku. 

“Ingat, jaga netralitas dalam bekerja dan dapat menjaga etika dan norma serta prilaku yang ditunjukan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu salah satu Panwaslu Kecamatan yang mewakili Kecamatan Cibeber, Iim Rosadi, mengaku siap menjalankan tugas. Dia bersyukur dapat dipercaya menjadi bagian dari hajat besar Pilkada Kota Cilegon. "Insya Allah kami siap bekerja dengan aturan aturan yang berlaku,” tegasnya. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut