get app
inews
Aa Read Next : Siap-Siap, Puncak Musim Kemarau di Cilegon Terjadi di Bulan Agustus dan September

Jelang Idul Adha, Pemkot Cilegon Temukan Hewan Kurban Berpenyakit

Selasa, 11 Juni 2024 | 13:07 WIB
header img
Dinas Pertanian Provinsi Banten, Balai Pengujian dan Penyidikan Veteriner dan Tim Kesehatan Hewan DKPP Kota Cilegon turun ke sejumlah lapak hewan qurban. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id - Tim gabungan Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon kembali melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban di sejumlah lapak. 

Fungsional Medik Veteriner pada DKPP Kota Cilegon drh. Dina Safitri menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan beberapa penyakit pada hewan kurban seperti sakit mata, gejala flu dan ektoparasit. 

"Penyakit-penyakit tersebut sebetulnya tidak membahayakan dan sifatnya tidak menular. Tetapi ya tetap harus waspada saja karena tujuan kita berkurban adalah untuk ibadah, makanya siapkan hewan kurban yang terbaik," kata Dina, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa, 11 Juni 2024. 

Mendekati hari raya Idul Adha, jumlah lapak hewan kurban semakin meningkat. Oleh karena itu, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, Balai Pengujian dan Penyidikan Veteriner dan Tim Kesehatan Hewan DKPP Kota Cilegon turun ke sejumlah lapak hewan qurban. 

"Dalam kegiatan ini dibagi dalam dua tim pemeriksa kesehatan hewan yang terdiri dari empat dokter hewan dan paramedis. Jumlah lapak yang kita periksa sebanyak 18 lapak. Sedangkan jumlah hewan kurban yang diperiksa sekitar 1.000 ekor lebih yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba," jelasnya.

Berdasarkan pendataan, lanjut Dina, hewan kurban sebagian besar berasal dari Provinsi Lampung, Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng). "Dari hasil pengawasan seluruh lapak mempunyai dokumen lengkap berupa SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dan sertifikat veteriner," ungkapnya. 

Secara umum, tambah Dina, ternak yang diperiksa dalam keadaan sehat dan sudah vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi/kerbau yang merupakan penyakit disebabkan oleh virus yang biasanya menyerang sapi. 

 Pihaknya mengimbau kepada para pedagang untuk memperhatikan higiene sanitasi lapak, terutama dengan memperhatikan prinsip kesejahteraan hewan pada lapak seperti tersedianya pakan minum yang cukup, tali leher dengan keadaan nyaman dan hampir semua lapak memiliki atap. 

 "Untuk kebersihan lingkungan ini memang masih perlu ditingkatkan lagi," pungkas Dina. 

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut