get app
inews
Aa Read Next : Dinkop Cilegon Bagikan Sertifikat MD BPOM dan Hasil Uji Umur Masa Simpan

Hardiknas, Helldy Agustian Jabarkan Pembangunan Pendidikan di Kota Cilegon

Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:59 WIB
header img
Hardiknas, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Jabarkan Pembangunan Pendidikan di Kota Cilegon (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Pemerintah Kota Cilegon menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diadakan di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Jum'at (13/5/2022).

Upacara dipimpin langsung oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang dihadiri Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Ciegon Maman Mauludin, Asisten Daerah I,II dan III Setda Kota Cilegon, Unsur Forkopimda Kota Cilegon, Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon dan diikuti peserta dari perwakilan guru, penilik, pengawas dan kepala sekolah di Kota Cilegon.

"Hari ini, saudara-saudariku adalah bukti, bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba, kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam sambutannya.

Oleh sebab itu, lanjut Helldy, di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama merdeka belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia.

"Kurikulum merdeka belajar yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran," ujarnya.

Helldy mangatakan kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

"Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan," kata Helldy membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim.

Oleh karena itu, anak-anak kita tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena assesmen nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar.

"Supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan," katanya.

Helldy juga menyampaikan jika Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil menaikan fasilitas untuk guru honorer, penilik, pengawas dan kepala sekolah.

"Fasilitas dalam memberikan kesejahteraan kepada guru sudah kita realisiasikan, untuk guru honorer, penilik dan pengawas saat ini honor nya sudah naik begitupun untuk tunjangan kepala sekolah dan guru-guru yang berada di atas gunung serta yang berada di perbatasan Kabupaten Serang sudah kita naikan juga," ungkapnya.

"Dimana untuk guru honorer dari 450 menjadi 675 dan yang diatas 10 tahun menjadi 1 juta, sedangkan untuk penilik naik menjadi 3 juta, pengawas naik menjadi 1 juta, guru-guru yang berada di perbatasan dengan kabupaten serang dan di atas gunung naik sebesar 500, kepala sekolah naik 1 juta dan tunjangan kepala sekolah SD juga sudah kita naikan 1,5 juta dan banyak lagi fasilitas yang sudah direalisasikan," ucapnya.

Di akhir sambutannya Helldy menegaskan kepada guru-guru di Kota Cilegon untuk meningkatkan keikhlasannya dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak Cilegon.

"Oleh sebab itu saya menuntut kepada guru-guru di Kota Cilegon ini untuk meningkatkan keikhlasan nya dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak Cilegon, sebab saat ini Indonesia sedang mendapatakan bonus demografi di mana adanya bonus demografi ini diharapkan dapat menjadi tahun emas pada tahun 2045," ujarnya.

"Saya ingin menitipkan anak-anak Cilegon ini agar supaya dapat mendapatkan pendidikan yang baik, agar supaya anak-anak Cilegon ini dapat menjadi generasi-generasi emas kedepan dan bisa memberikan kebanggan untuk Kota Cilegon," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut