Gelap dan Dingin, Ini 5 Palung Terdalam di Dunia, Salah Satunya di Sumatera!

Ila Nurlaila Sari
5 Palung Terdalam di dunia. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Palung atau cekungan, jika di daratan disebut dengan jurang, maka dalam lautan juga terdapat cekungan yang disebut palung. Kedalaman palung ini bervariasi, serta ukurannya relatif sempit dan sangat dalam juga terjal.

Dilansir iNewsCilegon.id dari Encyclopedia Britannica, palung laut memiliki kedalaman sekitar 7.300 hingga 11.000 meter. Akibat kedalamannya palung laut bahkan tidak tertembus oleh cahaya matahari. Hal tersebut membuat palung sangat gelap dan juga dingin.

Itulah sebabnya, jurang di laut ini disebut sangat berbahaya, sebab di bagian terdalamnya menyimpan banyak kehidupan bawah laut yang masih menjadi misteri.

Berikut 5 palung paling terdalam di dunia yang dirangkum iNewsCilegon.id.

1. Palung Mariana 

Terletak di Samudra Pasifik bagian barat, dekat Jepang dan Pulau Guam. Kedalamannya ditaksir melampaui tinggi Gunung Everest yang mencapai 8.848 mdpl.

Ukuran panjang palung ini sekitar 2.550 meter, lebar 69 meter, dan kedalaman maksimum 11.034 meter di bawah permukaan laut.

Hal tersebut membuat Palung Mariana disebut sebagai titik terdalam bumi. Titik terdalam Palung Mariana disebut Challenger Deep.

Pada 1960, mesin eksplorasi laut dalam milik pusat penelitian Woods Hole Oceanographic Institution, Bathyscaphes pernah mencapai kedalaman Palung Mariana di kedalaman 10.902 meter.

2. Palung Tonga

Palung terdalam di dunia berikutnya adalah Palung Tonga yang masih berada di Samudera Pasifik.

Terletak di barat daya wilayah Samudera Pasifik, palung ini memiliki kedalaman sekitar 6.000 meter di bawah permukaan laut.

Bagian terdalam dari palung yang menduduki posisi kedua di dunia ini, disebut sebagai Deep Horizon atau lubang horizon.

Kedalaman maksimumnya mencapai 10.882 meter di bawah permukaan laut atau setara dengan 35.702 kaki. Deep Horizon pada Pulau Tonga ditemukan pertama kali pada Desember tahun 1952.

3. Palung Kuril Kamchatka

Berada dekat dengan Pulau Kuril dan pesisir Kamchatka, palung ini merupakan penyebab dari aktivitas vulkanik dasar laut di daerah ini.

Palung ini memiliki kedalaman yang cukup mendalam yakni 10.500 meter di bawah permukaan laut. PaLung ini merupakan bagian terdalam samudera lainnya yang juga terdapat di Samudera Pasifik.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network