Mengenal Daktilitis, Penyakit yang Bikin Jari Raja Charles III Bengkak Mirip Sosis

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
Tangan Raja Charles III Bengkak bak Sosis. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam proses penobatan Raja Charles III banyak yang menarik perhatian. Tak hanya kostum para tamu undangan, namun juga jari jemari sang Raja yang cukup mengundang tanya publik. 

Pasalnya, jari Raja Charles saat penobatan tampak membesar bak sosis. Dunia medis menyebut, jari sosis ini dengan istilah daktilitis atau daktilis, yakni peradangan yang menyerang sendi hingga seluruh tangan atau kaki.

Belum ada penjelasan kenapa jari Raja Charles III bisa membengkak. GP Chun Tang, Direktur Medis Pall Mall Medical di Manchester, Inggris, berkata ada banyak faktor yang menyebabkan jari seseorang kena daktilitis.

“Sering kali jari bengkak adalah gejala retensi air yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Kondisi ini muncul akibat peradangan dan bisa akibat radang sendi, infeksi bakteri ganda atau TBC,” katanya sebagaimana dikutip iNewsCilegon.id

 “Kemungkinan lain akibat kadar garam tinggi, reaksi alergi, efek samping obat, cedera dan penyakit autoimun," sambungnya.

Lalu apa sebetulnya Daktilitis ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Dactylitis atau sosis digit adalah peradangan pada seluruh jari (jari tangan atau kaki), dan bisa menyakitkan.

Kata dactyl berasal dari kata Yunani "daktylos" yang berarti "jari". Dalam istilah medisnya, ini mengacu pada jari tangan dan kaki.

Daktilitis dapat terjadi pada artropati seronegatif, seperti arthritis psoriatis dan ankylosing spondylitis, dan pada penyakit sel sabit sebagai akibat dari krisis vasooklusif dengan infark tulang, dan pada kondisi infeksi termasuk tuberkulosis, sifilis dan kusta.

Pada arthritis reaktif, jari sosis terjadi karena sinovitis. Daktilitis juga dapat terlihat dengan sarkoidosis.

Pada penyakit sel sabit, manifestasi pertama kali terjadi antara bayi berusia 6-9 bulan (karena hemoglobin pelindung janin, HbF, diganti dengan hemoglobin dewasa dan penyakit ini bermanifestasi) dan sangat sering merupakan tanda kelainan.

Daktilitis parah dapat membuat jari-jari begitu kaku sehingga sulit untuk digerakan. Adapun gejala-gejala utama penyakit daktilitis yaitu bengkak, jari nyeri dan anggota badan sulit digerakan.

Cara mendiagnosis penyakit daktilitis seperti yang diderita oleh Raja Inggris meliputi:

1.Test pencitraan dengan sinar X atau MRI.

2.Test laboratorium dengan tes cairan sendi atau tes cairan darah.

Editor : Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network