Bikin Bangga RI! Kain Jung Sahat Khas Lampung Hadir di Penobatan Raja Charles III

Ila Nurlaila Sari
Kain Jung Sahat (kain tapis) khas Lampung hadir dipenobatan Raja Charles III. Foto: Twitter

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam prosesi seremoni penobatan Raja Charles III, pada 6 Mei 2023 lalu, ada yang menarik perhatian. Dimana, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya Desra Percaya, PhD mengenakan busana dari kain tapis khas Lampung yang disebutnya Jung Sahat.

Meski citra Lampung belakangan sedang tercoreng akibat jalanan rusak dan gaya hedon pejabatnya, namun keindahan kain tradisionalnya ini mendunia. 

Desra beserta Istri tampil dalam balutan busana merah-putih dengan sentuhan warna emas. Desra memakai pakaian jas tutup putih, berikut celana panjang yang dilapisi kain tapis berwarna dasar merah dengan motif berwarna emas, Topi tinggi, serta sabuk dan kain tambahan yang menggantung di leher turut menemani.

Sementara itu, sang istri memakai kebaya putih yang lengkap dengan kain dan selendang tapis. Tak ketinggalan, hiasan kepala etnik berbahan logam keemasan. Penampilan keduanya pun saat memasuki Westminster Abbey sempat terekam kamera BBC.

Dalam cuitannya di Twitter @desrapercaya09 mengungkapkan, bahwa pemilihan busana tradisional khususnya dengan wastra Lampung, tak sekadar untuk memperkenalkan budaya Indonesia di panggung dunia. Warna emasnya dinilai sebagai sebuah simbol diplomasi antara Inggris-Indonesia yang merepresentasikan euforia momen bersejarah tersebut.

"Sebagai bentuk penghormatan, saya & Sari mengenakan pakaian adat#Lampung yang ternyata senada dengan jubah emas Raja Charles III.#inidiplomasi #indonesianway," cuitnya.

Desra juga menjelaskan soal filosofi yang tersirat di balik corak kain tersebut. 

"Motif kain tapis 'Jung Sahat' menggambarkan keagungan dan umumnya hanya digunakan pada acara besar adat Lampung," kicaunya lagi.

Desra menuturkan, setidaknya butuh waktu hingga 3,5 bulan untuk merampungkan pembuatannya dengan pewarnaan alami. Di sebuah unggahan Instagram Stories, Desra pun sempat menyertakan nama akun pembuat kain tersebut, @Kalianda.

Pemilihan kain tapis Lampung untuk momen bersejarah tersebut secara tidak langsung mengingatkan lagi pada kedekatan Raja Charles dengan Sumatera.

Editor : Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network