Baru Tahu Manfaat Konsumsi Labu Siam untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Ila Nurlaila Sari
Manfaat labu siam untuk kesehatan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Sering dijadikan lalapan dikala makan, ternyata labu siam punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat  labu siam untuk kesehatan tubuh berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Selain itu, manfaat labu siam juga telah teruji secara klinis sehingga tidak perlu diragukan.

Lalu apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan?

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut manfaat labu siam untuk kesehatan.

1. Cegah Penuaan 

Waluh hijau atau labu siam juga mengandung antioksidan yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi waluh hijau atau labu siam mampu menangkal radikal bebas dan melindungi sel serta mengurangi peradangan.

2. Kurangi Risiko Kanker 

Manfaat waluh hijau atau labu siam untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga tidak kalah hebat yakni mengurangi risiko kanker. Hal tersebut tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh.  

Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi waluh hijau atau labu siam mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Meski demikian, diperlukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan manfaat tersebut.

3. Baik Untuk Kehamilan 

Selain itu, waluh hijau atau labu siam juga sangat bermanfaat baik untuk kehamilan. Pasalnya, wanita membutuhkan nutrisi seperti folat, zat besi, kalsium dan vitamin penting untuk menjaga kehamilan yang sehat.  Waluh hijau atau labu siam juga menjadi salah satu sumber folat yang sangat baik. 

Sebuah studi oleh Greenberg et al pada tahun 2011 menunjukkan bahwa folat sangat penting untuk bayi yang sedang berkembang. Jumlah folat yang cukup dapat mencegah kelahiran prematur dan meningkatkan perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

4. Turunkan Risiko Diabetes 

Manfaat waluh hijau atau labu siam untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut dikarenakan mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi tinjauan oleh Tiwari pada tahun 2014 menemukan bahwa antioksidan alami dalam sayuran seperti waluh hijau atau labu siam dapat menjaga keseimbangan glukosa dalam tubuh dan mengurangi lonjakan gula setelah makan. memperlambat penyerapan karbohidrat, mengakibatkan penurunan kadar gula darah setelah makan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung 

Salah satu manfaat waluh hijau atau labu siam untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Pasalnya, waluh hijau atau labu siam mengandung flavonoid yang mencegah pengendapan kolesterol di arteri, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Itulah manfaat labu siam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network