Termasuk Sayur atau Buah? Terong, Timun dan Tomat, Ini Jawabannya

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
Timun, tomat dan terong masuk dalam sayuran atau buah-buahan. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Banyak yang kebingungan ketika harus membedakan apakah timun, tomat dan terong masuk dalam jenis sayuran ataukah buah-buahan, karena kebiasaan masyarakat yang mempergunakan ketiga jenis bahan makanan tersebut sebagai pelengkap lalapan

Meski ada batas yang membedakan, namun seringkali batas antara dua kategori sayur dan buah-buahan itu mengabur. Maka tak heran, ada beberapa makanan umum yang selama ini dikira adalah sayuran, ternyata masuk dalam kategori buah-buahan. Apa saja?

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Selasa (6/6/2023), berikut daftarnya.

1. Zaitun

Sering ditemukan pada hidangan pizza dan salad, atau dalam bentuk minyak zaitun. Ya, zaitun bukan sayur tapi buah yang berasal dari pohon zaitun. Buah zaitun terbentuk dari ovarium bunga zaitun dan mengandung lubang-lubang kecil, yang adalah bijinya.

2. Labu

Meskipun ukurannya yang sangat besar dan sering dianggap sayur, karena lebih familiar dikonsumsi masyarakat sebagai ‘sayur’. Labu sebenarnya adalah buah, yang lengkap dengan punya biji-bijian seperti buah lainnya. Labu punya rasa manis halus yang ringan, berasal dari tanaman itu sendiri.

3. Paprika

Semua paprika baik yang merah, hijau, atau kuning, termasuk dalam keluarga buah-buahan. Meskipun dalam sehari-hari konsumsinya kerap samar sebagai sayuran, secara botani, paprika termasuk dalam kategori buah loh!

4. Terong

Dikenal karena teksturnya yang seperti daging dan kemampuannya menyerap rasa, terong ternyata adalah buah. 

Jika Anda mengiris terong dan dilihat dengan seksama, akan terlihat banyak biji kecil di dalam dagingnya.

Itulah kenapa terong termasuk sebagai buah dalam keluarga buah beri dan bukan sayuran.

5. Tomat

Salah satu yang paling sering dianggap sebagai sayuran. Padahal, tomat adalah buah. Tomat tumbuh dari ovarium bunga, menampung benih tanaman di dalam dagingnya yang berair.

6. Mentimun 

Tampak seperti sayuran bias bukan? Tapi sebenarnya mentimun adalah buah loh! Dengan kandungan airnya yang tinggi dan teksturnya yang renyah, mentimun merupakan tambahan yang menyegarkan untuk salad.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network