Tiru Pemberdayaan KIM, Diskomsantik Kota Cilegon Sambangi Kabupaten Bandung

Ila Nurlaila Sari
Puluhan staf Diskomsantik berfoto bersama usai lakukan study tiru KIM di Kabupaten Bandung (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsCilegon.id - Kagum dengan capaian prestasi Kabupaten Bandung dalam keberhasilan pengembangan, Pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) hingga meraih juara Nasional, dinas komunikasi, informasi, persandian dan statistik (Diskomsantik) Kota Cilegon lakukan study tiru.

Kedatangan rombongan yang berjumlah 40 orang dipimpin langsung Oleh Kadiskomsantik Kota Cilegon Agus Zulkarnain., S.STP., M.Si, bersama jajaran, disambut ramah oleh Kepala Diskominfo Kab. Bandung H. Yosep Nugraha., SH.,M.ip didampingi Sekdis Perdana Firmansyah, Pranata Humas Adhie Nur Indra, dan Seyla serta Perwakilan Forum KIM Kab. Bandung, bertempat di Aula Diskominfo Kab. Bandung. Selasa (28/11/2023).

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengucapkan, rasa syukur dan terima kasih karena telah berkunjung ke Kabupaten Bandung serta menyambut baik kedatangan rombongan Diskomsantik Kota Cilegon berserta KIM Cilegon yang sharing dan berbagi ilmu.

“Yang ingin saya garis bawahi adalah tugas KIM itu sangat besar, dua substansi, pertama melakukan pengelolaan informasi, yang kedua melakukan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah," kata Yosep.

Ia menyebut, media online, media sosial, seperti instagram, tiktok, Facebook dan sebagainya dimaksudkan untuk memberikan kesadaran, pemahaman kepada masyarakat agar masyarakat tahu bagaimana caranya mencari sumber informasi yang benar dan salah, puntar memilih informasi hoaks atau bukan dan itu di edukasikan kepada masyarakat oleh KIM.

"Alhamdulillah, berkat KIM sebagai mitra kerja pemerintah yang mengedukasi, mencerdaskan masyarakat dan mampu mengimplementasikan diseminasi informasi sebagai peran fungsi ADINDA, sehingga kami sangat terbantu," ujarnya.

Sementara itu Diskomsantik Kota Cilegon Agus Zulkarnain,. S. STP., M.Si mengatakan, dengan berkunjung ke Diskominfo Kabupaten Bandung sangat tepat, sebab dinilai mampu berhasil memberdayakan maayarakat.

“Kami kesini ingin banyak belajar, ingin banyak mengetahui bagaimana pemberdayaan, pembinaan, dan pengelolaan KIM yang ada di Kab. Bandung. Dan, saya hadir kan KIM Kota Cilegon untuk bisa mengoptimalkan kesempatan yang sangat baik ini, ” Kata Agus.

Agus berharap, semoga KIM Cilegon bisa belajar mendalami apa yang disampaikan oleh Diskominfo Kabupaten dan KIM Kabupaten Bandung.

"Mudah-mudahan KIM Kota Cilegon bisa mendalami agar bisa mengimplementasikan di Kota Cilegon. Kita memiliki 43 kelurahan, KIM yang baru terbentuk 52, itu juga dari KIM tingkat Kota hingga Kelurahan, jadi mudah-mudahan nanti rekan-rekan bisa menambah wawasan dan pengetahuan," pungkasnya.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network