Ini Data Terbaru Jumlah Penduduk Kota Cilegon, Jumlahnya Terus Bertambah

Mada Mahfud
Eva Sarifah, Kepala Disdukcapil Kota Cilegon. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNews Cilegon.idJumlah penduduk Kota Cilegon terus bertambah. Data terbaru pada tahun 2023, jumlah penduduk Kota Cilegon bertambah menjadi 470.378 jiwa.

Jumlah ini bertambah dari tahun 2022 yang mencapai 461.013 jiwa.  Demikian data resmi yang dilansir Kepala Disdukcapil Kota Cilegon Eva Sarifah.

Eva Sarifah menyatakan pertumbuhan jumlah penduduk Kota Cilegon berasal dari masuknya penduduk dari luar daerah.

Eva menduga ketertarikan masyarakat di luar Kota Cilegon untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hingga pendidikan gratis yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Cilegon. 

Menurut Eva, ada 3 program unggulan Pemkot Cilegon. Pertama tentang UHC (Universal Health Coverage), kedua soal beasiswa full sarjana, dan yang ketiga mudik gratis.

”Ini alasan mereka pindah ke Kota Cilegon," kata Eva.

Eva menyatakan, peningkatan penduduk merupakan hal biasa. Terlebih CIlegon merupakan kota industri, perdagangan dan jasa yang sejak dulu selalu menyedot perhatian pendatang. 

"Dari tahun ketahun kondisinya pasti mengalami peningkatan, cuma mana yang urbanisasi mana yang kelahiran belum ada pemetaan. Adapun untuk data penduduk tahun 2024 baru diketahui bulan Juni setelah kami lakukan pendataan," jelas Eva. 

Lebih lanjut, Eva menuturkan, bagi penduduk yang ingin pindah domisili, syaratnya harus mengajukan permohonan kepada RT/RW di lingkungannya untuk membuat surat keterangan pindah (SKPWNI) untuk dibawa ke tempat tujuan.  

"Kalau tidak ada konfirmasi RT RW, ditunda permohonannya, sampai dia mendapatkan konfirmasi," tuturnya. 

Sementara itu dalam beberapa kesempatan, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian selalu mengingatkan jajarannya agar memperketat layanan kesehatan pada program UHC dan beasiswa full sarjana. Hal itu karena ia menilai, program tersebut mengundang animo masyarakat dari luar daerah. 

"Saya minta agar warga penerima manfaat dari program-program Pemkot Cilegon adalah mereka yang benar-benar sudah menetap lama. Seperti beasiswa full sarjana itu kan minimal lima tahun ber-KTP Cilegon," ungkapnya. 

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network