Logo Network
Network

Mohon Jangan Keenakan Terima Bansos, Yang Sudah Mampu Harap Undur Diri

Ila Nurlaila Sari
.
Sabtu, 25 Juni 2022 | 09:39 WIB
Mohon Jangan Keenakan Terima Bansos, Yang Sudah Mampu Harap Undur Diri
Ratusan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti pembinaan yang digelar oleh Dinsos Pandeglang, Jumat (24/06/2022). Foto: Istimewa.

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id – Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah mempu mencukupi kebutuhan sehari-hari, diminta mengundurkan diri secara sukreala. Kinerja para pendamping PKH diharapkan optimal untuk melakukan graduasi sehingga program PKH berhasil.

Untuk keperluan tersebut Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang menggelar pembinaan bagi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) agar bisa melakukan Graduasi mandiri. Dengan demikian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH menjadi tepat sasaran melalui verifikas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Acara bertempat di salah satu vila di Kecamatan Pagelaran, Jumat (24/06/2022).

Kepala Dinsos Kabupaten Pandeglang Nuriah mengatakan, ujung tombak dalam pelaksaan graduasi mandiri adalah pendamping PKH. Untuk itu, perlu dilakukan pembinaan bagi pendamping PKH tersebut.

"Graduasi mandiri adalah keluarga penerima manfaat yang sudah mengikuti program bansos, namun secara sukarela mengundurkan diri karena dianggap sudah mampu mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Sehingga, ini tidak terlepas dari kinerja para pendamping PKH yang optimal dalam pelaksanaan program bantuan sosial tersebut," kata Nuriah.

Kegiatan tersebut di ikuti Pendamping PKH dari 25 kecamatan dengan 130 orang.

Nuriah menuturkan, pihaknya juga melakukan pembahasan terkait Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial dalam perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai aplikasi.

“Makanya kami menggelar rakor ini, selain menjadi agenda tahunan, acara ini pun sebagai motivasi bagi para pendamping PKH untuk terus meningkatkan kinerja supaya optimal. Mereka selain sudah melaksanakan amanat program-program dari pusat dan kitapun dari kabupaten ikut mendampingi supaya program-program tersebut dapat berjalan optimal," katanya

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini