get app
inews
Aa Read Next : Bukan Babi Ngepet, Ternyata Emak-emak Yang Curi Uang Tetangga Hingga Rp 39 Juta di Pandeglang

Kenali Serangan Stroke Silent Killer Seperti Dialami Bob Tutupoly

Rabu, 06 Juli 2022 | 07:40 WIB
header img
Bob Tutupoly semasa hidup (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Artis legendaris Bob Tutupoly meninggal dalam usia 82 tahun pada Selasa 5 Juli 2022 pukul 00.30 WIB.  Bob Tutupoly dikabarkan menderita stroke. Stroke sendiri memang salah satu penyakit silent killer yang familiar di masyarakat Indonesia.

Secara medis, kondisi yang disebut stroke adalah ketika pembuluh darah di otak pecah dan berdarah, atau ketika ada penyumbatan suplai darah ke otak.

Alhasil, pecahnya atau penyumbatan ini mencegah darah dan oksigen bisa mencapai jaringan otak. Sedangkan, tanpa adanya asupan oksigen, sel dan jaringan otak menjadi rusak dan mulai mati hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Hilangnya aliran darah ke otak merusak jaringan di dalam otak. Gejala stroke muncul di bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak. Semakin cepat seseorang yang mengalami stroke mendapatkan perawatan, maka bisa semakin baik hasilnya.

Inilah kenapa penting untuk mengetahui apa saja sih sebetulnya tanda-tanda stroke, sang silent killer agar kita bisa bertindak cepat.

Mengutip Healthline, yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Payal Kohli, M.D., FACC, pertama gejala stroke itu bisa meliputi adanya kelumpuhan, mati rasa atau lengan, wajah, dan kaki terasa lemah, terutama di satu sisi tubuh, sulit bicara, bicara jadi cadel, kebingungan, disorientasi, atau kurang responsif.

Selain itu, orang yang mengalami stroke biasanya juga mengalami perubahan perilaku yang tiba-tiba, penglihatannya jadi bermasalah (susah melihat pada satu atau kedua mata), daya penglihatan jadi menghitam atau kabur, atau malah jadi terlihat dobel.

Tidak hanya sampai di situ, pasien juga akan mengalami kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan, pusing, sakit kepala parah yang tiba-tiba dan penyebabnya tidak diketahui, kejang, mual atau sampai muntah.

Oleh karena itu, jika muncul gejala stroke, pasien harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut