get app
inews
Aa Read Next : 10 Negara Eksportir Senjata Terbesar di Dunia

5 Senjata Laser Paling Canggih di Dunia, Hanguskan Drone dan Rudal

Rabu, 13 Juli 2022 | 08:37 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: DARPA/Mirror)

JAKARTA, iNews.id -  Beberapa negara berlomba meningkatkan kemampuan senjata laser yang memiliki karakter cepat dan tepat sasaran. Senjata laser bisa dipasang di kendaraan lapis baja, kapal perang, jet tempur, dan drone sebagai sistem pertahanan udara, juga untuk mengganggu operasional kendaraan musuh. Senjata laser paling canggih sudah digunakan militer beberapa negara, terutama Amerika Serikat (AS). Pengembangan senjata tanpa peluru ini masih terus berlangsung.

Berikut 5 senjata laser paling canggih di dunia:

1. Laser Weapons System Demonstrator (LWSD)

Senjata milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) ini dikembangkan oleh Northrop Grumman, perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan. Pengembangannya dipimpin oleh Naval Surface Warfare Center Dahlgren Division (NSWC). LWSD merupakan hasil pengembangan Laser Weapon System (LaWS), platform laser pertama yang digunakan militer AS.

Memiliki tenaga 150 kilowatt (kW), LWSD merupakan senjata laser terkuat AL AS dan lima kali lebih kuat dari LaWS. Saat uji coba di kapal perang USS Portland pada 16 Mei 2020, senjata laser ini berhasil menghancurkan target seperti drone dan pesawat yang terbang dalam ketinggian menengah. Selain itu, LWSD juga berfungsi sebagai penyilau untuk membutakan sensor musuh.

BACA JUGA:

10 Negara Eksportir Alutsista Terbesar di Dunia

2. High Energy Liquid Laser Defense System (HELLADS)

High Energy Liquid Laser Defense System (HELLADS) merupakan laser listrik yang dikembangkan oleh perusahaan General Atomic Aeronautical di AS dan memiliki kekuatan 150 kW. Pengembangan sistem senjata laser 150 kW dilakukan untuk melawan ancaman darat, seperti RAM dan rudal.

HELLADS memiliki berat maksimum 750 kW dengan rasio daya terhadap berat sekitar 5kg/kW. Sementara volumenya berkisar 2 hingga 3 meter kubik. Senjata laser ini dapat digunakan di kapal laut, pesawat, mobil patroli, hingga kendaraan tempur lapis baja. HELLADS juga bisa diandalkan diaplikasikan menembak jatuh roket dan artileri di medan perang.

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut