get app
inews
Aa Read Next : Robot Super Kecil Bisa Masuk Pembuluh Darah, Siapa Penciptanya?

10 Negara Eksportir Senjata Terbesar di Dunia

Selasa, 12 Juli 2022 | 12:26 WIB
header img
Rudal hipersonik milik AS. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Sistem pertahanan negara harus didukung oleh pertahanan militer yang kuat. Untuk itu, negara perlu membekali kekuatan militernya dengan persenjataan memadai.  Ada beberapa negara yang dikenal sebagai pemasok alutsista (alat utama sistem senjata) terbesar di dunia. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya: 

1. Amerika Serikat

Negara ini merupakan pengekspor senjata utama terbesar di dunia. Melansir Defense News, Amerika Serikat mengirimkan 76 persen lebih banyak material dibandingkan Rusia.  Amerika Serikat memasok 37 persen pasar penjualan persenjataan global selama periode 2016-2020, dengan target penjualan ke 96 negara. Separuh dari penjualannya masuk ke Timur Tengah, serta didukung oleh meningkatnya permintaan pesawat militer canggih Amerika di benua Eropa, Australia, Jepang, dan Taiwan.

2. Rusia

Negara ini memasok seperlima bagian dari seluruh pengiriman senjata internasional. Melansir Statista, sejak tahun 2016-2020, Rusia secara rutin mengekspor persenjataan mereka ke negara-negara, seperti Algeria, Vietnam, Belarusia, Kazakhstan, Angola, bahkan juga ke India dan China. 

BACA JUGA:

Wow! Tarik Truk 5 Ton Azka Corbuzier Diminta Warganet Untuk Jaga Prostat

3. Prancis

Melansir Statista, di tempat ketiga ada Prancis yang menguasai 8,2 persen pasar persenjataan militer global. Negara ini merupakan satu-satunya negara di Eropa yang hampir sepenuhnya memproduksi sendiri kendaraan militer dan berbagai senjata pertahanannya. Produk mereka telah diekspor ke seluruh dunia dan telah menjadi bintang dalam beberapa perang besar.

4. Jerman

Jerman menduduki tempat keempat, menguasai 5,5 persen pasar persenjataan militer internasional. Pengalaman negara ini di bidang persenjataan dapat ditelusuri hingga Perang Dunia I dan II.  Negara seperti Mesir, Libya, Yaman, dan beberapa negara lain di Afrika banyak mengimpor persenjataan buatan Jerman. Kualitasnya yang baik dan awet membuat persenjataan asal negara ini banyak digemari.

5. China

Hanya berbeda 0,3 persen dari Jerman, China menguasai 5,2 persen pasar senjata militer global. Negara yang cukup disegani oleh Amerika Serikat ini mampu memproduksi sendiri persenjataan militer mereka dan tengah gencar melakukan upgrade pada tiap persenjataan yang dimiliknya.  Sejak 2010, negara ini telah menjual berbagai senjata dan transportasi militer ke banyak negara di berbagai benua, terutama Asia dan Afrika. Rudal milik China.

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut