Tinggal di Belanda, Eks Pemain FTV Curhat Beli Kecombrang Rp400 Ribu & Jengkol 1 Kg Rp500 Ribu, Wow!

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:14 WIB
Nanda Gita mantan pemain FTV curhat harga jengkol dan kecombrang mahal di Belanda (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Hidup sebagai diaspora di negara asing membuat kita harus beradaptasi dengan segala macam hal, termasuk makanan. 

Namun tentunya, ada kerinduan terhadap citarasa masakan nusantara yang tak bisa ditemukan di tempat lain, ya.

Hal itu juga dialami oleh mantan pemain FTV Indonesia Nanda Gita yang kini menetap di Belanda. Ia tak segan merogoh kocek dalam hanya untuk berbelanja bahan masakan nusantara di Belanda.

Lewat akun Instagram @nandagita16, ia membagikan cerita tentang makanan mewah di Belanda.

Lewat video berdurasi singkat, Nanda Gita membagikan momen ketika memasak makanan Indonesia yang ia sebut sebagai hidangan mewah di Belanda. 

Bukan tanpa alasan, hal itu karena harga bahan masakan Indonesia di Belanda sangatlah mahal.

"Untuk harga kecombrang aku beli harga Rp400 ribu per kilogram. Kemudian pete aku beli 20 papan Rp300 ribu, dan jengkol sekilo Rp500 ribu," ungkap Nanda Gita.

"Makanan mewah versi orang Indonesia di Belanda. Aku beli fresh terus aku buru-buru taruh freezer sebelum aku masak biar enggak basi," ujarnya sambil menunjukkan barang-barang yang baru saja ia beli.

Setelah membeli bahan masakan tersebut, Nanda Gita mulai mengolah sebagian menjadi menu santapan bersama sahabatnya di Belanda. 

Ia ingin memasak jengkol dengan sambal kecombrang, Bunda. Dengan cekatan, Bunda satu anak itu memotong bahan makanan yang sudah ia persiapkan.

Nanda Gita juga mengambil sedikit terasi untuk dicampur ke dalam sambal.

"Ini jengkolnya mau aku potong-potong. Kecombrang juga mau aku cincang karena aku mau bikin sambal kecombrang yang bikin nafsu makan. Lanjut kita uleg ya pakai terasi medan," tuturnya.

Nanda Gita bercerita, ia sangat menyukai masakan Indonesia dan rela mengeluarkan uang demi mendapatkannya di Belanda.

Sejak menikah dengan suami bule, Nanda Gita memang telah menghabiskan waktunya di negeri kincir angin.

"Aku tim no diet, jadi aku makan apa saja termasuk makanan kampung. Biarpun aku di Belanda, aku tetap cinta masakan Indonesia. Apapun yang berbau gurih, asam, pedas, apalagi ada wangi terasinya," kata Nanda Gita.

Menurut Nanda Gita, hal itu ia lakukan untuk menghibur diri usai melewati sulitnya kehidupan di luar negeri.

Sebagai WNI yang menetap di Belanda, Nanda Gita mendapatkan berbagai macam tantangan. Oleh karena itu, ia memilih memasak makanan Indonesia sebagai me time di rumah.

"Mohon maaf karena hidup di Belanda itu keras, jadi tidak mungkin kalau harus berhemat urusan jajan apalagi makanan khas kampung gitu. Rela bayar ratusan ribu sampai jutaan kalau ditotalin cuma buat beli pete, kecombrang, jengkol, dan ikan asin," ucapnya.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini