Maknyus! Jengkol dan Petai Mendunia, Penduduk 4 Negara Ini Doyan Petai dan Jengkol

Ikawati
.
Kamis, 14 Juli 2022 | 11:19 WIB
Jengkol balado. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Petai dan jengkol sangat digemari masyarakat Indonesia. Meskipun aromanya tak sedap tetapi kenikmatan rasanya bikin nagih. Berbagai macam menu olahan jengkol cukup populer bagi penggemarnya, seperti jengkol balado, gulai jengkol, semur jengkol dan lainnya. Petai biasanya disantap sebagai lalapan maupun dimasak bersama bahan makanan lain dengan cita rasa pedas yang mengundang selera.

Ternyata selain di Indonesia ada negara lain yang masyarakatnya juga gemar makan petai dan jengkol. Negara manakah itu? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Malaysia

Negara yang gemar makan jengkol dan petai pertama datang dari tetangga satu rumpun, Malaysia. Ternyata masyarakat Negeri Jiran sangat suka dengan jengkol dan petai yang biasa kita konsumsi loh. Layaknya di Indonesia, jengkol dan petai di sana juga dijual perkilo-an di pasar.

Hanya saja, masyarakat Malaysia biasa menyebut jengkol sebagai buah jering. Biasanya jering akan diolah hampir sama dengan semur jengkol di Indonesia, yakni menjadi sambal jering yang dimasak dengan cabai dan ditambah dengan semacam ikan teri.

Sementara petai di Malaysia biasa dicampur dengan udang, ikan tenggiri, sotong, hingga nasi lemak. Tentu saja saat disantap dengan nasi hangat akan menjadi lebih sedap. Nyam!

BACA JUGA:

Superhero Avengers dengan Senjata Minimalis, Siapa Saja Mereka?


Cumi petai sambal bawang. (Foto: Sindonews)

2. Singapura

Singapura mendapatkan banyak suplai jengkol dan petai dari Indonesia, tepatnya Sumatera Utara. Di Singapura, petai banyak hadir di restoran peranakan. Selain daging dan udang, Singapura juga mencampur petai dengan cumi, nasi goreng, dan ikan teri.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini