get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Dunia Ada Jalan Nusantara di Gedung UNESCO, Indonesia Bangga

Tips Merebus Jengkol agar Tak Berbau, Cukup Pakai Air Cucian 

Selasa, 27 Juni 2023 | 08:53 WIB
header img
Tips cara merebus jengkol. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Makanan satu ini unik banget karena memiliki aroma begitu kuat. Banyak orang tak menyukai makanan satu ini karena dianggap berbau tak sedap. Meski begitu, tak sedikit pula yang menganggap rasanya lezat.

Olahan Jengkol merupakan salah satu jenis makanan unik yang dimiliki Indonesia. Jengkol, dianggap enak lantaran sudah diolah dengan tepat dan hasilnya minim bau. Namun, memang belum banyak orang yang tahu caranya, sehingga masih banyak yang keliru jengkol harus diolah seperti apa biar baunya hilang.

Lalu bagaimana cara mengolah jengkol agar tak berbau?

Dilansir dari kanal YouTube Sukarno Karno, berikut cara mengolah jengkol agar tak berbau dan enak dimakan.

Pertama, siapkan dulu jengkol yang sudah dicuci bersih. Kalau masih ada kulitnya, tak perlu dikupas pun tak masalah. Kemudian rendam semua jengkol menggunakan air cucian beras. Air cuciam beras ini dikenal ampuh memudarkan aroma tak sedap pada jengkol.

"Untuk lamanya perendaman yang paling bagus minimal 12 jam, tapi lebih lama lebih bagus, kurang lebih bisa 15 sampai 24 jam," jelas Sukarno, dikutip iNewsCilegon.id dari YouTube Sukarno karno. Selasa (27/6/2023).

Setelah direndam, jengkol bisa dibilas bersih, lalu rebus jengkol. Dalam kanal YouTube nya, Sukarno menjelaskan, daripada menggunakan air biasa, kamu juga bisa pakai air cucian beras untuk merebus jengkol ini supaya aroma khas jengkol yang masih tertinggal bisa hilang. 

Biar rasa jengkol lebih gurih, kamu bisa memasukkan garam dan bawang putih cincang ke air rebusan jengkol.

Wah, mudah bukan? Selamat mencoba!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut